Camilan Enak dan Mengenyangkan Ini Gak Bakal Ngerusak Diet Kita Lho

DokterSehat.Com– Selain makan besar, kita juga akan memiliki keinginan untuk ngemil demi mengganjal perut di sela-sela waktu makan. Hanya saja, kebanyakan orang menganggap camilan sebagai salah satu biang kerok kenaikan berat badan sehingga akhirnya memilih untuk tidak lagi mengkonsumsinya saat sedang menjalani program diet. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada beberapa jenis camilan yang masih bisa tetap kita konsumsi saat sedang diet.

doktersehat-edamame-kacang-polong

Pakar kesehatan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti berkata bahwa asalkan camilan memiliki kadar nutrisi yang seimbang dan tidak memiliki jumlah kalori yang tinggi. Beliau pun menyarankan kita untuk mencari camilan dengan kadar kalori tidak sampai 200 dengan kandungan serat minimal 5 gram dan protein sebanyak 10 gram. Berbagai nutrisi ini bisa kita temukan di camilan seperti sebagai berikut.

Yoghurt dan buah-buahan
Yoghurt dan buah kaya akan kandungan serat, vitamin, dan mineral. Mengkombinasikan yoghurt tanpa gula dan buah yang kaya akan kandungan air bisa membuat kita mengkonsumsi banyak nutrisi sehat sekaligus mengatasi rasa lapar sebelum waktu makan dengan aman.

Kacang almond dan cokelat hitam
Cokelat hitam sudah dikenal sebagai camilan yang sehat berkat rendahnya kadar lemak dan tingginya kadar flavanol di dalamnya. Sementara itu, kacang almond kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik dalam menahan nafsu makan dan mengendalikan tekanan darah.

Roti gandum dan alpukat
Roti yang terbuat dari gandum utuh bisa kita kombinasikan dengan alpukat yang kaya akan serat, lemak tak jenuh, kalium, serta magnesium. Camilan mengenyangkan ini tidak akan membuat kita mengalami kenaikan berat badan kok.

Edamame
Edamame kukus sangat enak dijadikan camilan yang sehat saat sedang diet karena kaya akan kandungan antioksidan, asam folat, dan mineral.