Cacing Kremi Penyebab Cacingan

DokterSehat.Com – Cacingan merupakan salah satu penyakit yang tidak bisa dibasmi sepenuhnya karena melibatkan beberapa faktor, misalnya faktor sosial, ekonomi, demografi penduduk serta faktor personal hygienitas, demikian dikatakan oleh salah satu praktisi kesehatan beberapa waktu yang lalu dalam sebuah diskusi dan seminar kesehatan. Walaupun melibatkan beberpa faktor, namun faktor personal hygienitas menjadi salah satu faktor utamanya.



Berikut ini beberapa metode dan cara bagaimana cacing kremi penyebab cacingan ini bisa menyerang anak :

  • Kebersihan lingkungan
    Lingkungan sekitar tempat tinggal, juga merupakan salah satu faktor penentu penyebaran cacing kremi ini, terutama ketika lingkungan sekitar tempat tinggal terdapat banyak lalat yang hinggap pada tempat-tempat kotor seperti tempat pembuangan sampah. Menutupi makanan dengan tudung saji serta menutupi gelas dengan tutup gelas merupakan tindakan preventif yang bisa dilakukan.
  • Tangan kosong
    Selain kebersihan tangan dan kuku anak, bisa jadi serangan cacing kremi ini disebabkan oleh faktor orangtua yang masih menyuapi anak dan tidak menggunakan sendok ataupun orangtua juga kurang menjaga kebersihan kuku dan tangannya.
  • Kuku panjang
    Kuku jari tangan yang tidak rajin di potong juga dapat memperbesar potensi masuknya telur cacing kremi ke dalam tubuh. Menurut salah seorang praktisi kesehatan di Puskesmas, dikatakan bahwa telur cacing kremi bisa jadi bersembunyi di dalam tanah atau pasir yang terdapat pada ujung kuku tangan. Walaupun sudah mencuci tangan, telur cacing masih bisa tertelan dan menyebabkan serangan cacingan.
  • Cuci tangan
    Biasanya anak-anak senang bermain dengan pasir atau tanah untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan motoriknya. Ketika kemudian hendak makan jajan atau makanan lain, biasanya mereka lupa mencuci tangan atau tidak mencuci tangannya karena masih belum pulang. Akibatnya telur cacing kremi akan tetelan masuk ke dalam saluran pencernaan makanan.