Cacing Gelang Bisa Bantu Wanita Cepat Hamil, Benarkah?

DokterSehat.Com – Penyakit cacingan ini bisa menyerang siapa saja tanpa melihat umur penderita, bisa anak-anak sampai orang dewasa. Parah atau tidaknya pengaruh kesehatan karena adanya cacing dalam tubuh sebenarnya ditentukan oleh beberapa hal yaitu dari jenis, ukuran, usia dan organ tubuh mana yang menjadi sarang cacing tersebut.



Penyakit cacing ini tidak selamanya buruk terhadap kesehatan, cacing gelang ini malah bisa membuat wanita subur dan bisa hamil beberapa kali. Cacing gelang ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan dapat membuat wanita lebih mungkin untuk hamil, serta memiliki lebih banyak anak.

Temuan tersebut berasal dari penelitian yang melibatkan 986 perempuan di Bolivia. Hebatnya, rata-rata perempuan Tsimane di negara Amerika Selatan itu memiliki 9 anak. Dan 70 persen dari populasi terinfeksi parasit cacing.
Terinfeksi cacing gelang (Ascaris lumbricoides) dikaitkan dengan kehamilan pertama yang lebih cepat dan interval antar kelahiran dipersingkat.

Peneliti menduga mungkin ada efek penting pada kesuburan manusia yang mencerminkan konsekuensi fisiologis dan imunologis dari infeksi. Penelitian ini diharapkan akan menciptakan obat di masa depan.

Prof Allan Pacey, seorang ilmuwan kesuburan di Universitas Sheffield, optimis dengan temuan ini. Ia berharap penelitian lebih lanjut pada imunologi wanita yang terinfeksi namun menjadi subur bisa menghasilkan obat.

BACA JUGA : Sekilas Mengenai Kanker Tulang