Cabe, Bermanfaat Untuk Kesehatan

Doktersehat.com-  rawit dan merah untuk kesehatan. Cabe bisa masuk kedalam kelompok sayuran maupun bumbu. Selain berguna untuk bumbu dapur, cabe memiliki manfaat yang kebanyakan orang tidak tahu tentang manfaat cabe tersebut. Disini endramaulana.com memberikan informasi tentang manfaat cabe. Meskipun pedas, cabe banyak disukai orang karena ciri khasnya dan banyak digunakan untuk membuat sambal. Menurut penelitian, bahan yang memberikan rasa pedas dari cabe bisa menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan.



Berikut manfaat cabe:

  • Kaya dengan antioksidan. Zat antosianin pada cabe adalah zat yang berguna sebagai antioksidan yang handal untuk melawan kanker. Namun penelitian saat ini telah membuktikan zat selain antosianin yaitu zat salanin-lah yang lebih utama mencegah kanker. Kedua zat tersebut menghasilkan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan pada pertumbuhan kanker.
  • Menghambat penyebaran virus AIDS. Mengandung T-sel, bukan jenis operator di Indonesia tetapi salah satu zat yang terkandung dalam sel darah putih. T-sel yang diproduksi cabe (bubuk cabe) mampu merusak secara bertahap perkembangan penyebaran virus AIDS pada tubuh penderita. Selain T-sel, zat lain yang membantu penyebaran perkembangbiakannya adalah zat interlankin-2.
  • Menurunkan kadar gula pada penderita diabetes militus. DHC (dihydrocapsaiscin) adalah senyawa yang dihasilkan cabe, memiliki kemampuan yang cukup memadai untuk marangsang metabolisme karbohidrat. Hal ini untuk menekan kelebihan kadar gula yang akan diserap tubuh kita.
  • Menghangatkan serta mendinginkan tubuh. Dalam artian, saat tubuh kita kedinginan DHC dan NDHC (narhidricapsaiscin) akan membantu menghangatkan tubuh. Namun saat tubuh kepanasan kedua senyawa tersebut akan mendinginkan suhu tubuh. Intinya menormalkan kembali suhu tubuh anda.
  • Menurunkan kolesterol dan melancarkan peredaran darah. Para dokter naturaphaty di Eropa lebih memilih memakai bubuk cabe sebagai ramuan obat yang berguna untuk membersihkan pembuluh darah.
  • Sebagai tambahan vitamin C. Konsumsi cabe rutin setiap hari, kemudian perhatikan sariawan anda, tentunya akan segera sembuh. Vitamin C yang dihasilkan cabe berguna untuk menjaga kesehatan mulut dan pencernaan anda. Dengan adanya vitamin dalam cabe yang dikonsumsi tersebut akan membantu mempercepat proses pencernaan. Hal ini telah dibuktikan oleh ahli hermatologis bernama Sukan Visudhipan.
  • Asupan vitamin A yang diberikan cabe terutama cabe rawit sangatlah tinggi. Vitamin A dibutuhkan untuk menjaga ketajaman mata kita. Dengan mencukupi asupan vitamin A dapat dipastikan penglihatan kita akan tetap normal.
Baca Juga:  Cuka, Cairan Pembersih Alat Rumah Tangga

Sumber:kompashealth.com&endramaulana.com