Bye Bye Mata Panda

DokterSehat.com– Lingkaran hitam di bawah mata atau yang sering disebut sebagai mata panda diidentikan dengan kurangnya jam tidur. Namun penyebab utamanya tidak selalu merujuk pada hal tersebut. Ada beberapa penyebabb lain yang dapat memunculkan lingkaran hitam tersebut, antara lain:



Kelelahan. Dengan adanya tekanan kerja yang berlebih akan membuat fisik  dan menatal menjadi lelah. Hal ini merupakan salah satu faktor pemicu timbulnya lingkaran hitam pada mata. Karena itu luangkan waktu untuk benar-benar beristirahat dan meregangkan otot.

Penyakit. Beberapa orang yang mengalami anemia dan gangguan fungsi ginjal juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Sebaiknya segeralah periksakan ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Make up. Kulit wajah memiliki jenis yang berbeda-beda. Jika memiliki jenis kulit yang sensitif, terlebih lagi kulit di bawah mata memiliki tektur yang paling lentur. Maka dari itu, gunakan kosmetik yang mengandung hipo-alergenik yang tidak akan menimbulkan kerusakan pada kulit.

Alkohol. Kebiasaan mngkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Selain itu kebiasaan buruk ini akan melebarkan pembuluh darah.

Dehidrasi. Kurangnya asupan cairan ke dalam tubuh juga merupakan salah satu penyebab timbulnya kantung mata. Dehidrasi menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar. Secara signifikan akan mempengaruhi pembuluh darah di bawah mata, yang menyebabkan lingkaran hitam mulai muncul.

Pigmentasi. Pigmentasi kulit ditimbulkan oleh paparan sinar matahari. Masalah pigmentasi ini akan menyebabkan bercak kulit hitam di bawah mata. Karena itu gunakan kacamata saat berada di bawah sinar matahari.

Mata panda ini dirasa akan mengganggu penampilan Anda, terlebih lagi untuk wanita. Untuk menghilangkannya ada beberapa cara sederhana dan alami untuk menghilangkannya, yaitu menggunakan es batu, teh celup bekas, dan mentimun. Jika memakai es batu, gunakan dengan cara mengkompres mata selama kurang lebih 10 menit. Dinginnya es batu akan melembabkan mata dan mengurangi kantung mata. Sedangkan pemakaian teh celup bekas, caranya pun sama dengan mengompreskannya di bawah mata kurang lebih 10-15 menit. Apabila menggunakan mentimun, buatlah irisan yang sangat tipis kemudian letakkan di bawah mata. Dinginnya mentimun dapat memberikan kesejukan pada mata, agar tampak lebih segar dan mengurangi kantung mata. Selain itu dapat pula dibuat sebagai jus. Lakukan terapi ini secara rutin, dan lihat hasilnya.