Bunion, Kelainan Pada Ibu Jari Kaki

DokterSehat.Com – Bunion adalah bentuk deformitas (pergeseran fragmen pada fraktur) di kaki yang paling umum. Secara awam, bunion membuat tulang dari ibu jari kaki mengalami penonkolan sehingga membuat penderita kesakitan dan sulit memakai sepatu.

13

Penyakit tersebut disebut juga dengan Hallux Valgus. Dr Yung Shing Wai sebagai Spesialis Bedah Tulang dari Mount Elizabeth Medical Centre menjelaskan bahwa bunion kadang membuat jari kaki berbentuk seperti palu atau cakar. Sementara itu, deformitas pada kaki juga bisa menyebabkan mata ikan yang membuat penderita merasa nyeri.

Gejala

  • Benjolan pada ibu jari kaki pada sisi luar.
  • Kemerahan, bengkak, dan rasa nyeri dekat tempat terjadinya bunion.
  • Luka yang dapat timbul jika ibu jari terdorong ke jari telunjuk menyebabkan gesekan yang berlebihan dan tidak seharusnya.
  • Rasa sakit yang timbul saat menggerakan ibu jari kaki.

Penyebab

Bunion terbentuk saat kondisi keseimbangan sendi ibu jari kaki dan telapak kaki mengalami gangguan. Gangguan ini menyebabkan sendi menjadi tidak stabil dan mengalami bunion sehingga ibu jari menjadi miring ke arah jari lainnya. Perilaku juga dapat menimbulkan bunion seperti memakai sepatu yang tidak benar dan tidak cocok dengan kondisi kaki sehingga menggangu kaki dan akan mempengaruhi cara berjalan. Sepatu yang terlalu sempit akan menyebabkan jari-jari ke satu arah sehingga mendorong untuk terbentuk bunion. Selain itu, bunion juga dapat disebakan oleh trauma pada kaki dan juga kelainan bawaan dari lahir. Pekerjaan seperti balet juga dapat berisiko untuk memepunyai bunion.

Pengobatan

Pengobatan dapat dilakukan dimulai dari diri sendiri karena penyakit ini timbul akibat pola perilaku. Hal-hal yang dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit pada bunion dengan cara menambahkan bantalan pada sisi terluar ibu jari kaki agar tidak terkena tekanan yang besar dari alas kaki, memakai sepatu yang lebih besar untuk bagian jari, kompres dengan es jika bunion berwarna kemerahan dan bengkak, dan menghindari pemakaian sepatu berhak tinggi. Kadang-kadang terapi di atas tidak cukup dan membutuhkan terapi obat-obat untuk meredakan rasa nyeri yang ditimbulkan pada saat berjalan. Dokter juga akan menyerankan untuk operasi untuk memulihkan sendi yang terkena jika sudah bunion sudah tidak bisa diatasi dengan pengobatan biasa.