Bunda, Vaksin Untuk Ibu Hamil Ternyata Sangat Penting

DokterSehat.Com – Selama ini, beberapa ibu hamil masih menganggap bahwa pemberian vaksin selama kehamilan dapat membahayakan janin yang mereka kandung. Padahal sebenarnya terdapat banyak manfaat dari pemberian vaksin selama masa kehamilan, salah satunya untuk menjaga janin anda supaya terhindar dari virus yang akan membahayakan janin dalam kandungan anda.



Menurut dr. Adhiatma Gunawan dari meedoctor, mengatakan bahwa para ibu hamil sangat disarankan untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh mereka dari beberapa macam serangan penyakit yang mungkin saja akan merugikan kesehatan seperti cacar, campak, hepatitis, rubella, tetanus, pertussis atau batuk rejan dan polio.

Selain itu juga, ada beberapa alasan penting kenapa para Ibu hamil sangat disarankan untuk menerima vaksinasi :

  • Tes kekebalan tubuh
    Dalam masa kehamilan ini, kondisi anda sangat rentan dengan serangan berbagai macam penyakit, maka dari itu untuk memastikan apakah tubuh Anda masih kebal terhadap beberapa jenis penyakit tersebut, maka  tidak ada salahnya jika Anda sekarang ini melakukan tes antibodi pada tubuh anda. Jika Anda melakukan salah satu vaksin di atas, maka sangat disarankan untuk tetap mengonsumsi pil pengontrol kehamilan sampai sampai setidaknya empat minggu setelah kehamilan terjadi.
  • Ancaman penyakit lebih besar
    Beberapa penyakit yang disebutkan di atas seperti cacar dan rubella ternyata diketahui dapat mengakibatkan cacat lahir atau cacat permanen pada bayi, resiko bayi lahir prematur hingga kematian pada bayi. Selain itu juga, ada jua penyakit pertussis yang bisa saja menyerang bayi anda saat dia lahir dan tentu saja penyakit ini sangat membahayakan bayi terutama yang masih di bawah empat bulan atau bayi baru lahir.
  • Saran lain dari dokter
    Ketika anda memutuskan akan melakukan vaksin tetanus, pertussis dan difteria, maka anda harus melakukan hal tersebut sebelum hamil atau segera setelah anda melahirkan. Tidak hanya itu saja, setiap orang yang akan berada di sekitar bayi dalam waktu yang lama juga sangat disarankan untuk melakukan vaksin tersebut untuk memastikan kondisi anda dan lingkungan anda sehat sepenuhnya. Akan tetapi jika Anda sudah pernah melakukan vaksin tersebut sebelumnya, maka sekarang anda tidak perlu lagi melakukannya.
Baca Juga:  Cara Menggosok Gigi yang Benar

Perlu anda ingat, salah satu virus lain yang dirasa cukup berbahaya dan perlu Anda perhatikan secara seksama adalah virus flu. Maka dari itu Anda sangat perlu melakukan vaksin influenza untuk melindungi anda sekaligus melindungi bayi anda juga. Akan tetapi jika Anda sudah terlanjur hamil dan belum memiliki kekebalan tubuh terhadap hepatitis A dan B, rabies, polio dan lainnya, maka tidak disarankan untuk melakukan vaksin dalam kondisi hamil, terlebih lagi jika Anda berisiko terkena penyakit-penyakit tersebut. Untuk masalah ini sebaiknya anda berkonsultaasi ke dokter ahli kandungan yang menangani kehamilan anda.