3 Bumbu Lezat Untuk Gantikan Garam pada Masakan

doktersehat-bumbu-ganti-garam
Photo Credit: Flickr.com/star5112

DokterSehat.Com– Menurut National Health Services sebagian besar orang, termasuk anak-anak cenderung, mengonsumsi garam terlalu banyak dari kebutuhan hariannya. Penggunaan garam pada masakan dan makanan kemasan yang sangat tinggi menjadi salah satu penyebabnya.

Selain memilih makanan kemasan rendah garam, mengganti penggunaan garam dalam masakan bisa menjadi cara yang ampuh.

Memilih bumbu lain untuk digunakan sebagai garam pada masakan bisa dilakukan dengan menambah beberapa bahan makanan di bawah ini:

1. Menambahkan bumbu bubuk alami dan rempah

Bubuk bawang putih atau bubuk lada bisa dipilih untuk menggantikan fungsi garam pada masakan. Penggunaan rempah misalnya oregano bisa dipilih ditambahkan dalam masakan.

Rasanya tidak hanya asin namun juga gurih, sehingga kenikmatan masakan juga akan semakin maksimal dengan penggunaan bumbu bubuk dan rempah tersebut. Menggunakan rempah atau bumbu alami juga akan memberikan asupan fitonutrien yang umumnya ada secara alami pada bahan tersebut.

2. Gunakan rumput laut kering

Anda suka mengonsumsi rumput laut kering? Menambahkan rumput laut kering pada masakan bisa jadi pilihan yang tepat agar rasa gurih masakan meningkat, lho.

Taburkan bubuk rumput laut kering ke atas makanan, sehingga mirip bubuk bumbu. Rasanya tentu sama gurihnya untuk masakan dan lebih sehat dari penggunaan garam.

3. Menambahkan air cuka atau perasan lemon

Meskipun tidak asin, namun pemberian cita rasa asam asin pada cuka bisa meningkatkan rasa pada masakan. Sehingga cita rasa makanan bisa meningkat. Makanan yang enak tidak harus selalu asin ’kan?

Rasa asam pada masakan juga mampu meningkatkan nafsu makan, sehingga rasa masakan yang tidak asin bukan lagi menjadi masalah, karena citarasa lain dari penggunaan cuka dan lemon akan menggantikan rasa asin tersebut, ‘kan?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik