3 Bumbu Khas Indonesia Yang Paling Bergizi

doktersehat-bumbu-sehat
Photo Credit: Flickr.com/MaxPax

DokterSehat.Com– Masakan tanpa bumbu tentu tidak lengkap ya. Belum lagi berbagai masakan Indonesia sudah sangat lumrah mendapatkan berbagai jenis bumbu alami dan rempah. Namun ternyata bumbu tersebut bukan hanya menambah cita rasa saja, namun juga memiliki kandungan gizi yang super lho.

Ada cukup banyak bumbu masakan khas negara-negara asia, beberapa jenis bumbu kerap digunakan untuk makanan tradisional beberapa negara seperti India, Malaysia, Singapura maupun Indonesia.

Dari berbagai bumbu khas tersebut, ada tiga jenis bumbu yang kerap digunakan dan memiliki cukup banyak kandungan gizi, yaitu:

1. Kunyit

Kunyit cukup banyak digunakan sebagai berbagai olahan masakan, misalnya nasi kuning atau soto. Kunyit yang berwarna kuning ini memberikan kandungan gizi berupa fitonutrien yang sangat baik untuk tubuh dari kandungan kurkumin yang tinggi pada kunyit.

Hal ini memberikan manfaat untuk tubuh berupa anti peradangan, antioksidan hingga anti kanker.

2. Daun salam

Terkenal akan kegunaanya sebagai daun untuk penyedap masakan, daun salam juga kian dikenal manfaatnya dalam memberikan manfaat bagi tubuh. Air rebusan daun salam terbukti mampu memberikan manfaat berupa mengatur fungsi insulin dalam tubuh.

Hal ini yang akan memberi manfaat berupa berkurangnya risiko diabetes hingga penyakit kardiovaskular.

3. Serai

Berbagai masakan tradisional yang nikmat tidak bisa lepas dari penggunaan bumbu yang satu ini. Ya serai tidak hanya dapat digunakan untuk memberi citarasa yang lezat namun juga kaya akan vitamin yaitu A, B1, B5, B6 dan C serta mineral natrium, kalium, dan magnesium.

Selain itu, selai juga terbukti memiliki fungsi anti kolesterol sehingga baik untuk kesehatan jantung.

Nah, itu dia tiga bumbu yang memiliki kandungan gizi berupa vitamin dan fitokimia yang baik untuk tubuh.

Kini selalu gunakan bumbu di atas utamanya dalam bentuk segar agar manfaatnya bisa kita rasakan dengan maksimal, ya.