Bulutangkis, Olahraga Merakyat yang Membuat Badan Sehat

DokterSehat.Com – Indonesia berpesta! Setelah merayakan pesta rakyat di berbagai penjuru tanah air dengan aneka perlombaan khas di Hari Kemerdekaan 17 Agustus, masyarakat juga dianugerahi kado terindah berupa kemenangan pasangan bulutangkis Indonesia Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir sehingga meraih medali emas di Olimpiade Rio 2016 di Brasil. Sebagaimana kita ketahui, olahraga bulutangkis sangatlah merakyat di Indonesia. Banyak orang yang bahkan melakukannya di berbagai tempat dan waktu, bahkan di malam hari! Sebenarnya, apa sajakah keuntungan bagi kesehatan kita jika kita rutin melakukan olahraga bulutangkis?

doktersehat-bulutangkis-badminton-badan-sehat-olahraga

Baik Untuk Organ Kardiovaskular
Tahukah anda jika kita rutin melakukan olahraga bulutangkis setidaknya 30 menit setiap harinya, hampir semua sistem tubuh menjadi lebih kuat, khususnya apda organ kardiovaskular. Pakar kesehatan menyebutkan jika kita bisa membuat tekanan darah kita semakin menurun sehingga akan membuat resiko terkena hipertensi menurun. Tak hanya itu, sirkulasi darah akan menjadi lebih baik, otot-otot jantung menguat, dan kadar kolesterol dalam darah juga akan semakin menurun. Pembuluh darah pun akan menjadi semakin sehat dan resiko terkena penyakit jantung dan stroke menurun dengan signifikan.

Baik Untuk Program Diet
Ingin menurunkan berat badan? Melakukan bulutangkis dengan rutin bisa menjadi salah satu solusi yang menarik untuk dilakukan. Olahraga ini bisa membuat kita membakar ratusan kalori yang berlebihan mengingat aktifnya hampir semua anggota tubuh. Tak hanya itu, sistem metabolism tubuh juga cenderung meningkat sehingga tumpukan lemak pada tubuh akan lenyap dalam waktu yang cepat.

Menjaga Kesehatan Tulang
Pakar kesehatan menyebutkan bulutangkis adalah olahraga yang sangat baik bagi kesehatan tulang dan mencegah kita terkena masalah osteoporosis. Bagi kaum hawa, olahraga ini akan sangat direkomendasikan karena bisa membuat penyerapan kalsium menjadi lebih lancar. Alhasil, kepadatan dan kekuatan tulang akan tetap terjaga.

Baca Juga:  Toksoplasmosis - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Bebas dari Stress dan Depresi
Bulutangkis termasuk dalam olahraga yang sangat mengasyikkan untuk dilakukan. Hal ini ternyata bisa berimbas pada menurunnya tingkatan stress, kecemasan, hingga depresi. Dengan psikologis yang semakin membaik, maka kualitas tidur juga akan menjadi lebih baik dan tubuh kita pun akan menjadi semakin sehat.