Bukannya Berkurang, Kandungan Gizi Sayuran Ini Semakin Meningkat Setelah Dimasak

DokterSehat.Com– Banyak orang yang menyarankan kita untuk tidak memasak makanan terlalu lama karena bisa menghilangkan kandungan gizinya. Namun, beberapa jenis sayuran tertentu ternyata justru akan mengalami peningkatan kandungan gizi jika dimasak. Apa sajakah sayuran tersebut?

doktersehat-bayam-sayur

Tomat
Salah satu sayuran yang memiliki rasa yang segar saat disantap ini kaya akan kandungan lycopene. Yang menarik adalah, setelah dimasak, kandungan antioksidan ini akan meningkat dengan signifikan. Dengan mengkonsumsi tomat yang sudah dimasak, maka kita akan menjaga kesehatan kulit dengan lebih baik. Sayangnya, kandungan vitamin C pada tomat yang dimasak justru menurun.

Wortel
Wortel kaya akan kandungan vitamin A dan antioksidan yang jumlahnya bisa semakin meningkat setelah dimasak. Kandungan beta karoten dari wortel yang tinggi pun akan memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, khususnya mata kita.

Bayam
Meskipun memang sebaiknya tidak dimasak terlalu lama, kita bisa meningkatkan kandungan asam folat pada bayam dengan cara memasaknya. Kandungan ini sangatlah baik bagi ibu hamil karena bisa mendukung perkembangan sistem saraf janin di dalam kandungan.

Brokoli
Dengan memasak brokoli, maka kita bisa meningkatkan jumlah senyawa yang mampu menurunkan kolesterol sekaligus melawan perkembangan sel kanker. Hanya saja, ada baiknya kita tidak memasaknya terlalu lama agar kandungan ini tidak berkurang atau hilang.

Labu
Labu kaya akan beta karoten dan antioksidan lainnya. Dengan memasaknya, maka kita akan lebih mudah mencerna kandungan tersebut.

Kentang
Kentang yang direbus kaya akan kandungan serat dan kabohidrat sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi saat sedang menjalani program diet.