Bukan Tanda Dari Sifat yang Lemah, Cengeng Justru Membuat Tubuh Lebih Sehat

DokterSehat.Com – Sifat cengeng ternyata tidak hanya terjadi pada anak-anak saja. Ada cukup banyak orang dewasa yang mudah menangis saat menghadapi masalah atau merasa kecewa. Meskipun orang yang cengeng kerap mendapatkan ejekan karena dianggap tidak tegar dan lemah dalam menghadapi berbagai masalah, pakar kesehatan ternyata menyebutkan jika mereka yang cengeng ternyata cenderung memiliki tubuh yang lebih sehat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-Depresi-Postpartum-Baby-Blue-Syndrome-Skizofrenia

Menangis bisa membantu pengeluaran racun dalam tubuh
Pakar kesehatan berkata bahwa menangis ternyata bisa memberikan manfaat kesehatan berupa membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Dalam kehidupan sehari-hari, kita ternyata bisa mendapatkan berbagai racun dari berbagai zat kimia makanan atau bahkan dari polusi udara. Racun-racun ini jika tidak segera dibuang dari tubuh, dikhawatirkan bisa memicu masalah kesehatan yang cukup serius. Dengan menangis, kita bisa membantu mengeluarkan racun-racun tersebut bersama dengan air mata. Selain itu, air mata juga bisa membuat mata terjaga kelembabannya dan kebersihannya.

Menangis bisa membuat jiwa semakin kuat
Dengan menangis saat terkena masalah, kita justru akan melampiaskan semua emosi layaknya rasa khawatir, kecewa, dan berbagai emosi negatif lainnya. Hal ini ternyata bisa menjadi latihan yang bagus bagi jiwa sehingga akan menjadi lebih kuat untuk menghadapi berbagai permasalah hidup.

Membuat kita lebih rileks
Dengan menangis saat terkena masalah atau merasa kecewa, tubuh ternyata akan melepaskan hormon enforfin. Hormon ini sendiri bisa berfungsi sebagai penghilang rasa sakit ssehingga akan membantu kita merasa jauh lebih baik, lebih santai, dan lebih rileks.

Mencegah penyakit jantung
Telah ada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang bisa tidak bisa menangis saat merasa kecewa atau khawatir justru akan cenderung lebih beresiko terkena penyakit jantung. Dengan memendam emosi negatif, kita justru akan lebih mudah terkena stress sehingga bisa mengembangkan berbagai penyakit berbahaya layaknya penyakit jantung.