Bukan Menjadi Kekar, Ini Manfaat Latihan Angkat Beban Bagi Wanita

DokterSehat.Com – Cukup banyak wanita yang tidak mau melakukan latihan angkat beban karena khawatir jika badannya nanti menjadi kekar dan tak lagi menarik. Padahal, menurut pakar kesehatan, tubuh wanita tidak akan mudah menjadi kekar andai melakukan latihan angkat beban secara rutin. Mereka justru akan mendapatkan berbagai manfaat kesehatan seperti sebagai berikut.

doktersehat-olahraga-gym-sehat

Pakar kesehatan dari rumah sakit Mitra Kemayoran Jakarta bernama dr. Michael Triangto, SpKO menyebutkan bahwa latihan beban sangatlah baik untuk dilakukan demi mempertahankan massa otot kaum hawa. Meskipun begitu, karena ada pengaruh hormon, ukuran otot wanita yang rutin melakukan latihan angkat beban tentu tidaklah akan menjadi sebesar atau sekekar otot-otot pria.

Untuk melakukan latihan angkat beban ini, ada baiknya wanita mempertimbangkan apa tujuan dari melakukannya. Sebagai contoh, jika tujuannya hanya ingin mengencangkan tubuh, maka kita bisa menggunakan berat badan kita sendiri, namun, jika ingin mendapatkan manfaat lebih besar, maka kita bisa menggunakan pemberat saat latihan.

Pakar kesehatan olahraga dr. Andi Kurniawan, SpKO menyebutkan bahwa dengan melakukan latihan beban, kita bisa membentuk otot, meningkatkan sistem metabolisme pada tubuh, dan membuat tubuh lebih fit sehingga kita pun bisa menyelesaikan berbagai aktifitas harian dengan lebih baik. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, rutin melakukan latihan angkat beban bahkan bisa membuat wanita dengan usia lebih dari 50 tahun atau yang sudah mengalami menopause menurunkan resiko terkena patah tulang yang disebabkan oleh osteoporosis. Hal ini disebabkan oleh tekanan mekanik dari latihan ini yang merangsang tulang untuk menjadi lebih padat sehingga akan mencegah masalah pengeroposan tulang dengan efektif.

Melihat adanya berbagai manfaat dari latihan angkat beban ini, kaum hawa sebaiknya tidak ragu lagi untuk melakukannya saat berolahraga demi tubuh yang semakin sehat.