Bukan Karena Plastik, Ini Alasan Mengapa Nasi Bisa Membal

DokterSehat.Com– Belakangan ini di media sosial sedang viral video yang menunjukkan bahwa nasi yang dikepal bisa menjadi membal. Karena kemampuannya untuk membal ini, maka nasi ini pun dituding memiliki bahan plastik. Mengingat nasi adalah bahan makanan pokok di Indonesia, hal ini tentu membuat banyak masyarakat yang resah. Pakar kesehatan pun angkat bicara mengenai video tersebut. Ternyata nasi memang secara alami memiliki sifat membal.

doktersehat-nasi-putih

Adalah pakar gizi bernama Leona Victoria Djajadi yang menjelaskan alasan mengapa nasi yang dikepal-kepal bisa membal. Hal ini ternyata disebabkan oleh adanya kandungan amilosa dan amilopektin pada nasi. Kedua kandungan ini adalah penyusun utama dari bahan pati yang membuat nasi bisa memiliki sifat keras namun lengket.

Jika dalam video ini nasi yang bersifat membal dianggap berbahaya, Leona justru menyebut sebaliknya. Nasi ini sangat baik untuk dikonsumsi, khususnya bagi mereka yang kesulitan dalam mengendalikan gula darah. Menurut beliau, nasi yang kaya akan kandungan amilosa tidak akan menaikkan kadar gula darah dengan signifikan sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah melakukan klarifikasi tentang isu beras yang membal ini sebagai hoax belaka. Sebagaimana kita ketahui, isu beras plastik juga sudah muncul sejak tahun 2015 silam dan hingga kini juga belum terbukti kebenarannya. BPOM juga meminta masyarakat untuk tidak mudah termakan isu yang menyesatkan seperti ini dan sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu kebenarannya sebelum menyebarkannya ke orang lain karena tentu bisa menimbulkan keresahan bagi banyak pihak.