Bukan Karena Hobi Mengintip, Ini Penyebab Mata Sering Bintitan

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan mata yang paling tidak disukai oleh banyak orang adalah bintitan. Bintitan sendiri bisa dikenali dengan adanya benjolan kecil di kelopak mata. Yang menjadi masalah adalah, banyak orang yang menyebut bintitan kerap menyerang pada orang-orang yang memiliki hobi mengintip.

doktersehat-anak-mata-bintitan-bisul

Pakar kesehatan dr. Yunia Irawati, Sp.M (K) menyebut bintitan sebagai infeksi yang disebabkan oleh tersumbatnya salah satu kelenjar kecil yang berfungsi sebagai produsen air mata. Pada kelopak mata terdapat cukup banyak lubang kecil yang berfungsi sebagai muara dari air mata yang diprodusi. Jika salah satu atau beberapa lubang kecil ini tersumbat baik itu karena debu atau kebiasaan menggosok mata, kuman juga akan terperangkap pada sumbatan tersebut dan akhirnya memicu peradangan yang terlihat sebagai benjolan kecil yang terasa hangat dan kemerahan yang kita sebut sebagai bintitan. Hal ini berarti, bintitan sama sekali tidak terkait dengan kebiasaan mengintip.

Bagi sebagian orang, bintitan juga bisa disebabkan karena reaksi alergi akibat dari terlalu banyak mengkonsumsi makanan berprotein tinggi sehingga akhirnya menyebabkan bisul di sekitar mata. Namun, kasus ini cenderung tidak banyak terjadi. Penyebab bintitan paling sering tentu saja adalah karena adanya sumbatan pada kelenjar air mata yang disebabkan oleh ketidakhigienisan di area tersebut.

Dr. Yunia menyebutkan bahwa jika kita sudah pernah terkena bintitan sekali saja, maka di kemudian hari kita juga akan cenderung mudah terkena masalah yang sama. Demi menghindari munculnya bintitan ini, Dr. Yunia menyarankan kita untuk tidak menggosok mata dengan tangan yang masih kotor dan segera membersihkan riasan pada mata sebelum tidur.