Bukan Karena Faktor Usia, Sakit Punggung Ternyata Seringkali Disebabkan Oleh Hal Sepele Ini

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang akan segera menyalahkan faktor usia saat mereka mulai merasakan sakit punggung. Padahal, sakit punggung seringkali dipicu oleh kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari. Berikut adalah berapa kebiasaan yang bisa menyebabkan sakit punggung tersebut.

doktersehat-menjaga-sendi-sehat-nyeri-punggung

Terlalu banyak duduk
Banyak orang yang terlalu banyak duduk dalam kehidupan sehari-hari. Tak hanya duduk untuk bekerja di depan komputer seharian, kita juga akan melanjutkan kebiasaan ini saat menonton televisi dan aktifitas lainnya. Yang menjadi masalah adalah, duduk terlalu lama bisa membuat otot tidak bekerja dengan efektif, mudah kaku dan tegang. Selain itu, kebiasaan duduk sambil tubuh condong ke depan akan membuat tulang belakang melengkung dan akhirnya memicu sakit punggung.

Membawa tas terlalu berat
Banyak orang, khususnya anak-anak, remaja, dan kaum hawa yang kini kerap membawa tas dengan beban yang sangat berat. Padahal, beban maksimal dari tas yang kita bawa sebaiknya hanya 10 persen dari berat badan. Jika berat tas kita melebihi batas aman ini, maka postur tubuh akan terpengaruh dan akhirnya memicu sakit punggung.

Stress
Tak disangka, stress ternyata juga bisa memicu masalah sakit punggung. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 dan hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Brain Behaviour, disebutkan bahwa emosi negatif bisa memicu nyeri punggung atau sakit pada bagian tubuh lainnya. Dengan mengendalikan stress, maka kita pun bisa menurunkan resiko terkena masalah kesehatan ini.

Memakai bantal tidur yang tidak nyaman
Jika kita tidur dengan bantal yang tidak nyaman, maka kepala, leher, dan tulang punggung akan berada dalam postur yang tidak ideal dan akhirnya akan memicu sakit punggung.