Bukan Jeruk, Makanan-Makanan Inilah yang Memiliki Kadar Vitamin C Tinggi

DokterSehat.Com – Jika kita membicarakan tentang makanan yang kaya akan kandungan vitamin C, maka pikiran kita tentu akan langsung mengarah pada buah jeruk. Memang, jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sehingga bisa membantu kita tetap sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Namun, sebenarnya ada cukup banyak makanan yang kerap kita konsumsi secara harian yang ternyata memiliki kadar vitamin C lebih tinggi dari jeruk. Apa sajakah makanan tersebut?

doktersehat-mangga-baik-untuk-diabetes

Cabai merah
Bahan makanan yang pedas ini sangat akrab bagi masyarakat tanah air mengingat kerap digunakan sebagai bahan sambal. Tahukah anda jika dibalik rasa pedas dari cabai merah, kita ternyata bisa menemukan kadar vitamin C yang sangat tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Buffalo, diketahui bahwa cabai merah sangat kaya dengan vitamin C yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan juga capsaicin yang memiliki sifat anti inflamasi.

Pepaya
Warna jingga dari buah yang manis dan lembut ini adalah penanda dari tingginya kadar vitamin C di dalamnya. Tak hanya vitamin C, buah ini juga kaya akan kandungan vitamin A dan nutrisi lainnya. Rutin mengkonsumsi pepaya diyakini akan memperlancar saluran pencernaan, membantu kulit tetap segar, menjaga kekuatan tulang, dan membuat sinus tetap bersih.

Nanas
Buah yang memiliki campuran rasa asam dan manis ini ternyata juga memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dari jeruk. Nanas juga kaya akan serat dan enzim bromelain yang akan membantu proses pencernaan dan mencegah masalah perut kembung.

Mangga
Buah mangga juga memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dari jeruk. Tingginya kandungan antioksidan di dalam buah ini juga akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

Baca Juga:  Terlalu Banyak Minum Vitamin C Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan

Paprika
Sayuran yang masih satu keluarga dengan cabai ini ternyata juga kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin A. Berdasarkan dari hasil sebuah penelitian, diketahui bahwa di dalam satu buah paprika merah dan hijau ternyata bisa ditemukan 190 mg vitamin C.

Brokoli
Sayuran sehat ini kaya akan asam folat dan juga vitamin C. Rutin mengkonsumsi brokoli bahkan dianggap sebagai salah satu cara mencegah kanker yang sangat efektif.