Bukan di Kulkas, Ini Tempat Terbaik Untuk Menyimpan Telur

DokterSehat.Com – Setelah membeli telur, banyak dari kita yang segera mencucinya atau bahkan langsung menyimpannya di dalam kulkas. Dengan menyimpannya di dalam kulkas, diharapkan telur bisa bertahan lebih lama untuk kita konsumsi di kemudian hari. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kulkas sepertinya bukan tempat yang baik untuk menyimpan telur. Kok bisa?

doktersehat-telur

Adalah Sara Bawell yang merupakan editor dari Good House Keeping yang menyebutkan bahwa kulkas bukanlah tempat yang ideal untuk menyimpan telur. Menurut beliau, andai kita melakukannya, telur justru akan mengalami penurunan kualitas dengan signifikan sehingga saat kita konsumsi, kita tidak akan mendapatkan kebaikan dari telur secara maksimal.

Tak hanya merekomendasikan kita untuk tidak menyimpan telur di dalam kulas, Sara ternyata juga melakukan beberapa penelitian tentang cara dan dimana sebaiknya kita menyimpan telur. Hasilnya adalah, telur sebaiknya disimpan di dalam sebuah kotak. Kotak ini kemudian bisa kita simpan di dalam rak dapur. Dengan menyimpan telur di kotak ini, maka telur tidak akan mengalami perubahan suhu yang signifikan layaknya di dalam kulkas sehingga tidak akan mengalami penurunan kualitas.

Menurut Sara, suhu yang ada di dalam kulkas sangatlah tidak stabil. Tak hanya bisa menurun hingga di bawah 20 derajat Celcius, kadangkala suhu di dalam kulkas berubah sesuai dengan sistem yang bekerja pada mesinnya. Jika hal ini terjadi, maka selaput putih pada telur pun akan menipis dan hal ini bisa berpengaruh besar pada kualitas telur.

Tak hanya Sara, banyak pakar kesehatan yang sebelumnya juga membahas cara atau tempat terbaik untuk menyimpan telur. Sebagai contoh, sebuah lembaga penelitian makanan yang berasal dari New York, Amerika Serikat, pada tahun 2013 lalu melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui perbedaan kualitas dari telur yang disimpan pada kulkas dan tempat lainnya. Hasilnya, seperti yang ditemukan Sara, telur sebaiknya memang tidak disimpan di dalam kulkas agar kualitasnya terjaga.