Budesonide, Obat Untuk Meredakan Gejala Radang Usus

DokterSehat.com – Budesonide merupakan obat yang berfungsi mengendalikan kondisi usus tertentu, misalnya penyakit Crohn, kolitis ulserativa. Sebenarnya budesonida tidak menyembuhkan kondisi ini, namun hanya bisa menurunkan gejala-gejala seperti diare dan nyeri. Budesonida termasuk obat anti-inflamasi (hormon kortikosteroid) yang bekerja dengan mengurangi respon imun tubuh.



Dosis

Obat ini sebaiknya diminum sesuai petunjuk dokter. Umumnya obat ini dikonsumsi sekali sehari di pagi hari sebelum ataupun sesudah makan (sesuai anjuran dokter). Minum obat ini dengan segelas air penuh, kecuali dokter menganjurkan sebaliknya. Konsumsilah dengan cara ditelan seutuhnya jangan dikunyah atau dihancurkan karena dapat mingkatkan efek samping.

Dosis dan lamanya waktu pengobatan tergantung pada kondisi medis dan rekasi terhadap pengobatan. Selama melakukan perawatan dengan obat ini sebaiknya jangan mengansumsi jeruk atau minum jus jeruk. Hal ini disebabkan jeruk bisa meningkatkan jumlah obat tertentu dalam tubuh. Untuk lebih jelasnya konsultasikan dengan dokter atau apoteker.

Bila Anda rutin mengkonsumsi kortikosteroid yang berbeda (misalnya prednisone), jangan berhenti mengonsumsi obat ini kecuali berdasarkan ijin dokter. Beberapa kondisi seperti alergi dan asma bisa memburuk  saat Anda menghentikan obat ini secara tiba-tiba.

Anda mungkin mengalami gejala penarikan jika tiba-tiba berhenti minum obat ini. Untuk mencegah gejala penarikan (seperti lemah, penurunan berat badan, mual, nyeri otot, sakit kepala, kelelahan, pusing), dokter mungkin mengarahkan untuk perlahan-lahan menurunkan dosis Budesonide.

Konsultasikan dengan dokter untuk rincian lebih lanjut. Laporkan tiap respon penarikan yang terjadi dengan segera. Konsumsi obat ini dengan teratur dan pada waktu yang sama tiap hari. Jangan meningkatkan dosis atau mengonsumsi obat dalam waktu yang lebih lama daripada yang disarankan karena dapat meningkatkan risiko efek samping yang serius. Segera konsultasikan ke dokter bila kondisi Anda terus-menerus menetap atau malah memburuk.

Baca Juga:  Ajaib Lalat Buah Bisa Menyembuhkan Penyakit Parkinson