Bubur Bayi Instan Tidak Baik Dimakan Setiap Hari

DokterSehat.Com – Saat bayi sudah melewati usia enam bulan, maka bayi pun sudah bisa mulai mengkonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). Cukup banyak ibu yang kemudian memberikan bubur instan pada buah hatinya karena mudah untuk dibuat dan memiliki rasa yang enak sehingga bayi tentu akan suka mengkonsumsinya. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, pemberian bubur bayi instan setiap hari ternyata sangat tidak baik bagi bayi.

doktersehat-gigi-bayi

Cukup banyak ibu yang merasa terbantu dengan adanya bubur instan. Ibu yang masih bekerja misalnya, tentu tidak akan kerepotan untuk membuat MPASI yang tentu akan menyita cukup banyak waktunya. Padahal, Ia juga harus pergi ke kantor atau melakukan aktifitas lainnya sehingga tentu tidak akan sempat membuat MPASI bagi buah hatinya sendiri. Pakar kesehatan di bidang gizi, Dr. dr. Yustina Ani Indriastuti, M.Sc, Sp.GK, menyebutkan bahwa meskipun memberikan kemudahan bagi orang tua, mudah untuk dibuat, dan memiliki rasa yang enak sehingga membuat bayi lahap saat mengkonsumsinya, dalam realitanya bubur bayi instan terbuat dari bahan yang tidak alami dan bisa jadi memiliki kandungan gula.

Jika bubur bayi instan ini dikonsumsi oleh bayi setiap hari, maka bayi akan terbiasa untuk mengkonsumsi makanan yang tidak alami dan memiliki tekstur makanan yang halus saja. Hal ini ternyata membuat bayi tidak belajar mengunyah makanan dengan benar. Tak hanya itu, kebiasaan mengkonsumsi bubur instan juga membuat bayi cenderung lebih mudah tertarik pada makanan cepat saji dan justru kurang tertarik dengan makanan sehat layaknya sayuran dan buah ke depannya.

Dr. Yustina sendiri menyarankan ibu untuk membuat MPASI bagi buah hatinya sendiri jika memang masih memiliki waktu dan tidak selalu bergantung pada bubur bayi instan. Buatlah bubur yang terbuat dari bahan alami atau jika memang tidak sempat, kita bisa membeli bubur bayi yang sudah banyak dijajakan di berbagai tempat. Hanya saja, pastikan bubur bayi ini terbuat dari bahan alami dan sehingga tetap sehat untuk dikonsumsi bayi.