Sering Sakit Saat Buang Air Kecil, Apakah Tanda Hamil?

doktersehat tanda hamil

DokterSehat.Com – Saat sedang hamil, wanita akan sering berkemih setiap harinya. Meningkatnya frekuensi berkemih atau buang air kecil pada wanita terjadi karena adanya perubahan hormon. Selain itu, rahim yang mulai membesar biasanya akan menekan kandung kemih sehingga wanita sering kencing atau merasa ingin kencing berkali-kali.

Kalau saat kencing wanita tidak merasakan apa-apa, berarti tidak ada masalah dengan vagina dan organ di dalam rahim. Kalau sampai menimbulkan rasa sakit, bisa jadi ada gangguan yang harus segera diatasi agar tidak merugikan wanita secara seksual atau reproduksi.

Apakah sakit saat kencing tanda kehamilan?

Jawabannya adalah belum tentu.

Wanita bisa saja merasakan sakit saat kencing karena ada gangguan di saluran kemihnya. Vagina yang mengalami infeksi biasanya kerap memicu wanita berkemih berkali-kali dengan rasa sakit yang cukup tinggi. Rasa sakit juga bisa terjadi karena ada endometriosis atau penyakit menular seksual lainnya.

Wanita hamil bisa jadi mudah mendapatkan infeksi pada vagina akibat perubahan hormon. Ketika sakit saat kencing, wanita tidak bisa serta-merta menganggap dirinya hamil. Cara untuk mengetahui ada atau tidaknya janin di dalam rahim, pemeriksaan harus dilakukan dengan test pack atau ke dokter kandungan.

Mengatasi rasa sakit saat kencing

Terlepas dari hamil atau tidaknya wanita, rasa sakit yang dirasakan saat kencing cukup mengganggu aktivitas harian. Wanita jadi tidak nyaman saat akan minum banyak air karena khawatir kalau sering kencing akan membuat tubuh tersiksa.

Lakukan beberapa hal ini agar rasa sakit saat kencing segera mereda:

  • Perbanyak air putih, konsumsi minimal 6-8 gelas per hari.
  • Jangan sering menahan kencing, segera keluarkan urine kalau tidak tahan.
  • Cuci vagina dengan arah sapuan dari depan ke belakang untuk menghindari masuknya bakteri dari anus.
  • Gunakan kondom saat bercinta dengan pasangan.
  • Jaga sanitasi area vagina dengan rutin ganti celana dalam setiap hari.

Semoga ulasan di atas bermanfaat!