Tips Praktis Mencegah dan Menangani Sembelit

DokterSehat.Com – Tidak semua orang bisa dengan mudah melakukan buang air besar dengan lancar setiap harinya. Beberapa orang harus menunggu dalam jangka waktu yang lama di toilet hanya untuk menuntaskan buang air besarnya, beberapa orang bahkan bisa tersiksa di dalam toilet karena meskipun perut sudah merasa ingin buang air besar, Ia justru mengalami sembelit yang tentu saja membuat kondisi tubuh menjadi tidak enak. Sembelit, khususnya yang bisa membuat tubuh tidak bisa buang air besar hingga berhari-hari tentu harus diatasi dengan tepat dan oleh dokter terdekat. Hanya saja, kita juga bisa melakukan beberapa tips berikut untuk memastikan tubuh kita tidak mengalami kesulitan buang air besar.

doktersehat-ambeien-wasir-hemoroid-hematuria

  • Tingkatkan Asupan Serat dan Air
    Orang yang mengalami sembelit biasanya adalah mereka yang jarang mengkonsumsi makanan berserat. Buang air besar bisa dilakukan dengan lancar jika kita mengkonsumsi setidaknya 25 hingga 50 gram serat setiap harinya. Serat sendiri bisa didapatkan dari buah dan sayur-sayuran. Hanya saja, kita juga bisa memakan roti gandum yang dikenal sangat kaya akan serat dan baik bagi pencernaan. Selain konsumsi makanan berserat, jangan lupakan pula peran air putih dalam mencegah sembelit. Jika kita mengalami dehidrasi, maka sembelit pun akan mudah menyerang. Hal ini berarti pastikan bahwa anda meminum cukup banyak air putih untuk memastikan kotoran tidak terlalu kering dan memicu sembelit.
  • Perbanyak Olahraga dan Aktivitas Fisik
    Mereka yang sembelit juga identik dengan orang yang malas bergerak. Pekerja kantoran yang duduk dalam jangka waktu yang lama bisa mengalami sembelit dengan mudah. Hal ini berarti kita tentu harus mulai membiasakan diri banyak bergerak layaknya dengan berjalan saat jeda bekerja atau rajin melakukan jogging di pagi hari sehingga sembelit pun bisa jauh dicegah.
  • Perhatikan Waktu dan Cara BAB Yang Efektif
    Pernahkah anda berpikir jika anda mengalami sembelit karena salah dalam melakukan buang air besar? Banyak orang yang terbiasa dengan toilet jongkok kesulitan untuk buang air besar di toilet duduk. Hal ini berarti anda harus memastikan tubuh dalam kondisi paling nyaman untuk melakukan buang air besar. Saat buang air besar, anda harus memastikan tubuh sedikit miring ke depan yang bisa memperlancar buang air besar. Disamping itu, waktu untuk buang air besar juga harus diperhitungkan. Jangan memaksa buang air besar segera dilakukan saat bangun tidur karena bisa jadi sistem pencernaan belum ingin melakukannya. Waktu paling ideal untuk buang air besar adalah sekitar 30 menit atau 1 jam setelah melakukan makan pagi. Waktu ini adalah waktu terbaik karena saluaran usus sanagtlaaktif dan bisa memicu rasa ingin buang air besar dengan tinggi.