Buang Air Besar Dengan Jongkok Lebih sehat

DokterSehat.Com – Di zaman modern ini, banyak keluarga yang lebih suka memasang water closet (WC) duduk ketimbang WC jongkok di rumah. Bergitu pun toilet di mal-mal mau pun di perkantoran, hampir semua menggunakan WC duduk karena dianggap lebih maju dan keren ketimbang WC jongkok.



Namun, tahukah anda bahwa menggunakan WC jongkok (squatting pans) ternyata lebih sehat ketimbang menggunakan WC duduk. Tidak percaya? Berikut kami paparkan manfaatnya.

  • Melindungi kesehatan kemih
    Terlalu kencang mengejan saat menggunakan WC duduk juga dapat mengendurkan kekencangan otot di sekitar kantung kemih dan saraf-saraf prostat. Dengan WC jongkok, kemungkinan tersebut jauh lebih sedikit karena otot di bawah perut akan tersangga dengan baik oleh paha dan panggul.
  • Menghindarkan dari berbagai penyakit
    Dengan menggunakan WC duduk, seseorang akan memerlukan lebih banyak energi untuk mengejan. Oleh karena itu, mereka yang menggunakan WC duduk lebih rentan terkena wasir.

    Selain itu, menggunakan WC duduk juga memungkinkan pembuangan kotoran yang tidak sempurna. Resikonya, usus pun rentan tercemar karena masih ada kotoran yang tertinggal.

  • Lebih mudah BAB
    Dengan menggunakan WC jongkok, proses Buang Air Besar (BAB) akan terasa lebih mudah. Pasalnya, berjongkok akan membantu otot di sekitar anus untuk mendorong kotoran agar lebih cepat keluar.