Buah yang Kerap Ditemui di Tanaman Pinggir Jalan Ini Ternyata Kaya Manfaat

DokterSehat.Com– Kita tentu kerap melihat tanaman kersen yang dijadikan pohon peneduh di pinggir jalan atau depan rumah. Tak hanya rindang, tanaman ini memiliki buah dengan bentuk bulat kecil dan rasa yang manis. Tak disangka, dibalik rasa manis yang ada dalam buah kersen ini, ada cukup banyak manfaat sehat yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsinya. Apa sajakah manfaat kesehatan tersebut?



Membuat sistem kekebalan tubuh lebih kuat
Kersen kaya akan kandungan antioksidan yang bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kersen juga kaya akan vitamin C. Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa di dalam 100 gram buah kersen ternyata mengandung 150 mg vitamin C. Perpaduan antara antioksidan dan vitamin C ini akan membuat tubuh semakin baik dalam menangkal berbagai serangan virus dan kuman penyebab penyakit.

Mengatasi nyeri sendi dan sakit kepala
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa rutin mengkonsumsi buah kersen bisa menurunkan nyeri sendi dan mengatasi sakit kepala yang muncul tiba-tiba. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan yang bisa meredakan rasa sakit pada buah ini.

Menjaga kesehatan darah
Rutin mengkonsumsi kersen bisa membuat sirkulasi darah tetap lancar. Tak hanya itu, kemampuannya dalam menjaga tekanan darah tetap stabil tentu akan sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah sekaligus jantung.

Mencegah kanker
Tak hanya buahnya, telah ada penelitian yang membuktikan bahwa daun kersen yang direbus ternyata bisa dikonsumsi dan dijadikan bahan alami yang menurunkan resiko terkena kanker.

Melihat adanya manfaat sehat yang bisa didapatkan dari buah kersen, kita bisa dengan mudah memetiknya di pinggir jalan atau menanamnya di halaman rumah. Hanya saja, pastikan untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi agar berbagai kotoran dan debu yang menempel bisa hilang.