4 Jenis Buah Ini Ternyata Banyak Mengandung Karbohidrat

DokterSehat.Com– Saat mendengar kata karbohidrat, Anda tentu langsung mengarahkan pikiran pada nasi, kentang, atau mi, bukan?

Ya, bahan makanan tersebut memang merupakan bahan makanan yang banyak mengandung karbohidrat.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada pula beberapa jenis bahan makanan selain makanan pokok yang juga banyak mengandung karbohidrat?

Kandungan karbohidrat memang juga terdapat pada beberapa golongan bahan makanan selain makanan pokok, bahkan karbohidrat juga terdapat pada beberapa jenis buah.
Makanan-pengganti-nasi-kentang-doktersehat-1Hal ini tentu penting untuk diketahui, apalagi pada beberapa kondisi yang mengharuskan asupan karbohidrat dalam tubuhnya harus dibatasi.

Beberapa kondisi tersebut tentu mengharuskan asupan karbohidrat harus dikontrol, tidak hanya dari golongan makanan pokok, namun juga dari berbagai jenis bahan makanan lain, termasuk buah.

Kandungan karbohidrat pada buah

Buah memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi disebabkan oleh adanya kandungan gula alami yang ada pada buah.

Meskipun gula alami yang ada pada buah adalah gula yang sehat dan baik dikonsumsi, nyatanya gula tersebut tetaplah merupakan salah satu bentuk lain dari karbohidrat.

sebelum-menggunakan-masker-buah-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com/
Trang Doan

Tingginya kandungan gula pada buah, baik karena terkandung secara alami pada buah, maupun karena adanya perubahan kandungan akibat proses pengolahan buah, tentu bisa semakin meningkatkan asupan karbohidrat dalam tubuh saat mengonsumsi buah tersebut.

Meskipun umumnya hal ini tidak banyak mengganggu, akan tetapi asupan karbohidrat yang tinggi pada buah tentu penting mendapatkan perhatian, agar kita tidak berlebihan mengonsumsi makanan berkarbohidrat dalam satu hari.

Utamanya jika kita sedang menjalani diet rendah karbohidrat, menjaga kadar gula tubuh, atau melakukan diet rendah kalori.

Lantas, buah apa saja sih yang banyak mengandung karbohidrat?

Beberapa jenis buah yang banyak mengandung karbohidrat adalah buah dengan kandungan gula yang cukup tinggi dan beberapa jenis buah olahan.

Berikut 4 jenis buah yang banyak mengandung karbohidrat:

1. Buah mangga

Siapa yang tidak suka mangga? Buah yang super manis dan segar ini memang menjadi pilihan jenis buah yang nikmat, ya.
doktersehat-buah-mangga-1024Sayangnya, rasa yang manis tersebut justru rentan menyebabkan kandungan karbohidrat dari gula buah menjadi lebih tinggi.

Dalam satu buah mangga ukuran sedang, tubuh Anda akan mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup banyak, yaitu 40 gram. Angka ini tentu cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian tubuh.

2. Buah pisang

Anda penggemar pisang? Buah yang mudah diperoleh di pasaran ini tentu layak menjadi buah kegemaran banyak orang.

manfaat-pisang-untuk-kulit-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

Sayangnya, buah pisang memiliki banyak kandungan karbohidrat, yaitu dalam 100 gram atau satu saji buah pisang, terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 30 gram.

Hal ini tentu membuat pisang menjadi jenis buah yang tidak tepat dipilih sebagai buah saat sedang menjalani diet rendah karbohidrat dengan tujuan kondisi medis atau kesehatan berat badan.

3. Buah apel

Selain mangga dan pisang, buah apel juga memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, yaitu 25 gram dalam satu porsinya.
doktersehat-apelBuah apel memang merupakan buah yang banyak mengandung zat gizi, sehingga kerap disebut sebagai salah satu jenis buah yang super sehat.

Sayangnya, kandungan karbohidrat yang tinggi pada buah apel membuatnya gagal sebagai jenis buah yang layak dipilih untuk kondisi diet rendah karbohidrat.

4. Buah kering

Seringkah Anda mengonsumsi buah prune, atau plum kering, dan kismis? Jika ya, maka Anda patut mempertimbangkan kandungan karbohidrat yang cukup tinggi pada buah kering tersebut, lho.

Doktersehat - Kismis
Photo Credit: Flickr.com/Symphonie Fantastique

Buah kering umumnya mengalami proses yang meningkatkan kandungan gula alami didalamnya. Hal ini memang membua buah menjadi awet, namun sayangnya 100 gram buah kering memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, yaitu 70-90 gram karbohidrat.