Susah Buang Air Besar? Konsumsi 3 Jenis Buah Ini!

doktersehat-buah-sembelit
Photo Credit: Flickr.com/Vegan Feast Catering

DokterSehat.ComSusah buang air besar atau sembelit memang sangat mengganggu ya. Kondisi fisik menjadi tidak fit karena perut dan pencernaan merasa tidak nyaman. Mengonsumsi buah selalu menjadi andalan saat sedang mengalami susah buang air besar.

Meskipun hampir semua jenis buah memiliki kandungan serat yang diperlukan untuk mengatasi susah buang air besar, namun ada lho beberapa jenis buah yang ampuh mengatasi susah buang air besar.

Hal ini disebabkan kandungan serat dan cairannya yang sama-sama tinggi. Beberapa jenis buah yang perlu dikonsumsi saat mengalami susah buang air besar adalah:

1. Buah apel dan pir

Buah apel dan pir merupakan jenis buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Dalam satu butir apel ukuran sedang terdapat lebih dari 4 gram kandungan serat.

Selain mudah diperoleh, buah apel menjadi pilihan tepat mengatasi susah buang air besar karena memiliki kandungan serat jenis pektin yang telah terbukti ampuh mengatasi sembelit. Agar manfaatnya maksimal, usahakan konsumsi buah apel dengan kulitnya, ya.

2. Buah beri

Buah beri adalah golongan buah seperti stroberi atau blueberry. Buah dengan ukuran yang kecil ini ternyata tidak bisa diremehkan khasiatnya. Bukan hanya kandungan antioksidannya yang tinggi, namun juga konsumsi 6-10 buah stroberi ukuran sedang dapat memberikan asupan serat yang cukup yaitu 3 gram serat.

Selain karena kandungan seratnya, buah ini bisa menjadi pilihan yang tepat dalam mengatasi susah buang air besar karena ukurannya yang kecil memungkinkan kita untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

3. Buah kiwi

Buah kiwi merupakan buah yang bergizi lengkap, memiliki kandungan serat dan cairan yang cukup tinggi. Dalam satu buah kiwi ukuran sedang terdapat hampir 3 gram serat. Penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi kiwi secara rutin memberikan manfaat yaitu lancarnya buang air besar utamanya pada orang dewasa.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik