Buah Pir, Buah Segar yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh Kita

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika buah-buahan bersama dengan sayuran termasuk dalam makanan yang sangat menyehatkan tubuh sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap hari. Salah satu buah yang cukup digemari oleh banyak orang adalah buah pir karena memberikan sensasi segar saat dikonsumsi. Tahukah anda, dibalik kesegaran buah pir ini, ada berbagai manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan andai kita rutin mengkonsumsinya. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah pir.



Memiliki banyak kandungan antioksidan
Pakar kesehatan menyebutkan jika buah pir yang sudah matang sangatlah kaya akan kandungan antioksidan sehingga andai kita rutin mengkonsumsinya, tubuh akan lebih baik dalam melawan berbagai radikal bebas. Sebuah penelitian yang dilangsungkan di University of Innsbruck, Austria, menyebutkan jika kandungan klorifil pada buah pir yang matang mampu berubah menjadi antioksidan aktif yang sangat baik bagi tubuh kita.

Kaya akan berbagai vitamin
Pakar kesehatan menyebutkan jika buah pir ternyata sangat kaya akan kandungan vitamin C dan vitamin K. Tingginya kandungan vitamin C tentu akan sangat baik bagi sistem imun tubuh kita dan membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik. Selain itu, konsumsi satu buah pir bisa memenuhi 8 persen asupan vitamin K harian yang akan menurunkan resiko terkena kanker hingga 45 persen lebih rendah.

Kaya akan serat
Buah pir ternyata kaya akan serat dimana asupan serat larut dan tak larut pada satu buah pir saja bisa mencapai 5 gram atau sekitar 20 persen kebutuhan harian serat tubuh kita. Selain memperlancar saluran pencernaan, adanya serat ini juga akan membuat sistem imun tubuh menjadi  lebih kuat dan membuat kita mampu menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab berbagai macam penyakit.

Baik untuk kesehatan otak
Mengkonsumsi satu buah pir berukuran sedang bisa membuat kita mendapatkan asupan copper harian sebanyak 15 persen. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University School of Medicine di Missouri, Amerika Serikat, menyebutkan jika kandungan copper ini bisa memperbaiki kekuatan sistem saraf dan membuat kinerja otak menjadi jauh lebih baik.