3 Jenis Buah Yang Ampuh Turunkan Kolesterol

Photo Credit: Flickr.com/Michael Stern

DokterSehat.Com– Tahukah Anda bahwa ternyata konsumsi buah bisa menurunkan kolesterol? Ya, ternyata beberapa jenis buah memiliki kandungan gizi, baik vitamin atau senyawa tertentu yang ampuh menurunkan kolesterol. Apa sajakah buah tersebut?

Buah memang sudah banyak dikenal sebagai makanan yang menyehatkan. Selain mengandung vitamin dan mineral, beberapa jenis buah memiliki kandungan serat jenis pektin yang terbukti ampuh menurunkan kadar kolesterol darah hingga lebih dari 8%.

Beberapa jenis buah yang mampu menurunkan kolesterol tubuh adalah:

1. Buah jenis beri-berian

Stroberi, blueberry atau blackberry adalah jenis buah yang memiliki kandungan serat pektin cukup tinggi. Manfaat ini menyebabkan konsumsi buah jenis beri mampu menghambat penyerapan kolesterol di usus halus. Hal ini menyebabkan kadar kolesterol jahat atau LDL bisa menurun dan kolesterol tubuh akan berkurang.

Buah jenis beri cukup jarang dikonsumsi sebagai pilihan buah harian, untuk itu ada baiknya Anda mulai terbiasa mengonsumsi buah jenis beri dalam porsi yang cukup, kurang lebih 10-15 buah stroberi ukuran sedang besar agar manfaatnya dapat kita rasakan dengan maksimal.

2. Apel

Apel terkenal sebagai buah yang memiliki kandungan serat cukup tinggi. Sama seperti buah beri, kandungan serat pektin pada apel mampu menurunkan kadar kolesterol dengan meningkatkan pembuangannya melalui feses.

Kandungan serat yang paling banyak ada pada bagian kulit apel jadi usahakan untuk mengonsumsi apel bersamaan dengan kulitnya, ya.

3. Alpukat

Jika dua buah sebelumnya mengandalkan kandungan serat, maka alpukat memiliki kandungan gizi lain yang mampu menurunkan kolesterol yaitu lemak tidak jenuh.

Kandungan lemak baik yang ada pada alpukat inilah yang membuatnya mampu melawan tingginya lemak atau kolesterol jahat pada tubuh. Konsumsi satu buah alpukat ukuran sedang sebanyak 3-4 kali dalam seminggu kerap dianjurkan untuk mendapatkan manfaatnya yang maksimal.

Nah, setelah mengetahui jenis buah yang mampu melawan kolesterol, maka tentu tidak ada salahnya kan, kita menjadikan tiga jenis buah di atas menjadi pilihan buah harian?

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik