Buah Penghias Kue Ini Ternyata Bisa Mengatasi Diabetes

DokterSehat.Com– Salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh banyak orang adalah diabetes. Bagaimana tidak, penyakit ini bisa membuat penderitanya tak lagi bisa menikmati berbagai makanan yang enak. Tak hanya itu, penderita diabetes juga selalu dihantui kemungkinan adanya komplikasi atau bahkan infeksi yang bisa saja berujung pada amputasi pada beberapa bagian tubuhnya. Beruntung, untuk mengatasi masalah kesehatan ini, kita bisa menggunakan bahan alami berupa buah ceri.



Kita mengenal buah ceri sebagai bahan penghias kue agar lebih cantik atau memiliki cita rasa yang lebih baik. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika meskipun memiliki rasa yang manis, buah ini cukup aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena berasal dari gula alami. Dalam buah ceri sendiri, kandungan gula alaminya bisa mencapai 8 hingga 20 persen, tergantung dari seberapa matang buah tersebut saat kita konsumsi.

Tak hanya gula alami, ceri ternyata kaya akan kandungan layaknya vitamin A, vitamin C, mineral, potassium, kalsium, magnesium, zat fosfor, zat besi, dan berbagai antioksidan. Berbagai kandungan nutrisi baik inilah yang membuat ceri mampu mengatasi berbagai penyakit berbahaya, termasuk diabetes. Sebagai informasi, ceri termasuk dalam buah dengan kadar indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan memicu peningkatan atau penurunan kadar gula darah dengan cepat. Tak hanya itu, adanya kandungan antosianin ternyata juga bisa membantu tubuh memproduksi hormon insulin yang berfungsi sebagai pengendali kadar gula dalam tubuh, sesuatu yang sulit terjadi pada penderita diabetes.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan menggunakan tikus percobaan yang terkena diabetes, diketahui bahwa tikus yang mengkonsumsi ekstrak buah ceri selama 30 hari berturut-turut mengalami penurunan kadar gula dalam darah dengan signifikan. Hal ini berarti, buah ini memang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Baca Juga:  Brokoli, Sayuran Sehat Untuk Melawan Diabetes

Tak hanya dengan mengkonsumsi ceri, pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk tetap menjaga pola makan yang sehat, minum obat, dan melakukan olahraga secara teratur agar lebih baik dalam mengendalikan penyakit ini dan tidak mudah terkena komplikasi.