Buah Kiwi Hijau Membantu Fungsi Pencernaan

DokterSehat.Com – Menurut penelitian yang dilakukan di Riddet Institut, New Zealand, buah kiwi hijau dapat meningkatkan fungsi pencernaan dengan mengurai protein sehingga mudah diserap tubuh.

doktersehat-buah-kiwi-baik-untuk-asma

“Konsumsi buah kiwi telah lama diklaim untuk membantu pencernaan, meskipun hanya ada sedikit data yang mendukung pernyataan ini,“ kata ketua peneliti, Dr Mike Boland.

Buah kiwi diketahui dapat mengempukkan daging. Hal ini disebabkan oleh aktivitas enzim alami yang disebut dengan actinidin, senyawa unik yang hanya terdapat pada buah kiwi hijau. Kemampuan enzim ini untuk mengurai protein daging, telah memacu pemikiran mereka, dan mengarahkan mereka untuk menyelidiki peran buah kiwi hijau untuk membantu pencernaan.

Penelitian ini mengukur tingkat ketercernaan sembilan jenis protein bahan pangan yang berbeda (berasal dari daging, susu, legume, dan sereal). Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa ekstrak buah kiwi hijau (mengandung actinidin) dapat meningkatkan pencernaan berbagai macam protein panganan dengan lebih baik dibanding dengan enzim saja.