Buah Ini Ternyata Bisa Mencegah Katarak

DokterSehat.Com– Katarak adalah masalah kesehatan yang bisa membuat lensa mata menjadi lebih keruh. Jika penyakit ini tidak segera ditangani, penderitanya bahkan bisa mengalami kebutaan. Penyakit yang kerap menyerang lansia ini untungnya bisa dicegah asalkan kita memiliki kebiasaan sehat seperti tidak merokok, kerap terkena sinar matahari, tidak terkena diabetes, dan mengkonsumsi berbagai makanan yang baik bagi kesehatan mata.

doktersehat-mata-katarak-Diabetes-retinopati

Salah satu makanan yang bisa kita konsumsi untuk mencegah katarak adalah buah alpukat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan lutein dan zeaxanthin, semacam antioksidan yang ada dalam alpukat yang bisa mencegah terbentuknya katarak. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Harvard University, disebutkan bahwa mereka yang kerap mengkonsumsi makanan dengan kandungan lutein dan zeaxanthin mampu menurunkan resiko terkena katarak hingga 18 persen lebih rendah. Penelitian lain seperti yang berjudul Nurse’s Health Study, The US Male Health Professional Study, serta Beaver Dam Eye Study, juga mengungkapkan fakta yang serupa.

Dalam penelitian tersebut, disebutkan bahwa kandungan lutein termasuk dalam jenis karotenoid, semacam antioksidan yang bisa mencegah datangnya kebutaan yang disebabkan oleh katarak dan kerusakan lain pada retina. Di dalam alpukat sendiri terdapat setidaknya 80 gram kandungan lutein, jauh lebih tinggi dari rata-rata kandungan spulemen lutein yang hanya sekitar 10 mg. Sementara itu, kandungan zeaxanthin sudah terbukti mampu mencegah paparan radikal bebas yang bisa memicu kerusakan pada mata.

Kandungan lain yang bisa kita temukan dalam alpukat adalah serat, kolesterol baik, kalium, dan berbagai macam vitamin yang sangat baik bagi kesehatan. Melihat adanya berbagai kandungan baik ini, ada baiknya memang kita mulai rutin mengkonsumsi buah alpukat.