Buah Ini Bisa Mencegah Diabetes

DokterSehat.Com– Salah satu buah yang memiliki rasa yang manis dan menyegarkan sehingga disukai oleh sebagian besar masyarakat tanah air adalah buah mangga. Buah khas negara tropis ini juga termasuk dalam buah yang mudah untuk ditemukan di berbagai tempat dengan harga yang relatif terjangkau. Tahukah anda, dibalik rasa manis dari buah mangga ini, terdapat berbagai manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsinya secara rutin. Manfaat tersebut adalah menurunkan resiko terkena diabetes.

doktersehat-buah

Di dalam buah mangga, kita bisa menemukan berbagai nutrisi yang menyehatkan. Sebagai contoh kandungan vitamin dan antioksidannya bisa menurunkan resiko terkena diabetes dengan signifikan. Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang hasilnya diungkapkan dalam jurnal FASEB. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa buah mangga bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan, menjaga kecantikan kulit, mengatasi masalah tekanan darah, melancarkan peredaran darah, sekaligus menurunkan resiko terkena penyakit kanker, obesitas, dan diabetes.

Leonardo Ortega yang berasal dari National Mango Brand menyebutkan bahwa nutrisi di dalam buah mangga ternyata bisa menurunkan masalah metabolisme pada tubuh. Selain itu, kandungan buah mangga juga akan membuat sistem pencernaan semakin sehat, menurunkan resiko peradangan pada tubuh, sekaligus membantu tubuh mengendalikan kadar gula dalam darah. Dengan kadar gula dalam darah yang terjaga, maka resiko diabetes tentu saja akan menurun.

Penelitian lain yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Texas University, Amerika Serikat, juga menyebutkan bahwa asalkan dikonsumi dengan porsi yang tepat dalam jangka panjang, maka kadar gula dalam darah akan tetap seimbang. Tak hanya mencegah diabetes, hal ini tentu berarti buah mangga juga baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Melihat adanya berbagai kebaikan mangga bagi kesehatan, kita tidak perlu lagi ragu untuk rutin mengkonsumsinya.