Buah Delima Dapat Menyehatkan Jantung

Doktersehat.com – Di Indonesia buah delima memang tak sepopuler buah jeruk atau apel. Namun khasiatnya tak kalah dari buah-buahan lainnya. Buah yang dikenal dengan nama pomegranate ini ternyata kaya akan antioksidan seperti polifenol, tanin, dan anthocyanin yang lebih banyak dibandingkan dengan anggur merah dan teh hitam.



Delima berasal dari bahasa Perancis, pome garnete, yang berarti apel berbiji. Di Amerika, minuman yang berasal dari delima kini sedang naik daun. Selain rasanya yang segar dan manis, buah yang di AS disebut pomegranate ini disukai karena khasiatnya.

Khasiat delima untuk kesehatan di antaranya meningkatkan aliran darah ke jantung. Penelitan terhadap 45 orang yang menderita penyakit jantung iskemik menunjukkan mereka yang minum 8 ons jus delima setiap hari selama 3 bulan, tidak mengalami iskemia selama penelitian. Dean Ornish MD, peneliti, percaya bahwa jus delima bahkan bisa mencegah penyakit jantung.

Selain itu, kandungan anti-oksidan dalam delima diketahui mampu mencegah timbulnya plak di pembuluh darah, juga mengurangi kadar kolesterol jahat, LDL. Jus buah delima tidak hanya meningkatkan aliran darah dalam sistem kardiovaskular pasien jantung, tetapi juga membantu untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan inflamasi.

Kandungan antioksidan dalam jus mampu mengurangi lesi di pembuluh darah dengan aterosklerosis dan penebalan pembuluh darah pada pasien jantung. Studi ini juga mencatat bahwa penderita diabetes tipe II yang minum jus buah delima dapat memperoleh manfaat penurunan lipid dalam darahnya.

Sebagai alternatif untuk pengobatan, Johns Hopkins University merekomendasikan konsumsi jus delima secara teratur. Hal ini mengurangi tekanan darah dan aktivitas enzim yang mengarah ke penyakit jantung.

Banyak pakar yang mengatakan masih dibutuhkan penelitian lebih dalam sebelum menyimpulkan delima sebagai pencegah penyakit jantung. Namun, tak sedikit pakar yang optimistis dengan buah ini. Apalagi penelitian tidak menemukan adanya efek samping negatif dari konsumsi jus delima.

Baca Juga:  Golongan Darah AB Rentan Terserang Gangguan Kesehatan Ini

Dari berbagai sumber