Buah dan Sayur penangkal Jerawat

Doktersehat.com-  Jerawat merupakan salah satu “musuh” yang mengganggu kemulusan kulit wajah. Ada beberapa faktor yang menjadi pemicu munculnya jerawat, yaitu:



  • Gejolak hormon, biasanya pada hari-hari sebelum atau sesudah menstruasi.

  • Vitamin defisiensi.

  • Penggunaan obat-obatan maupun kosmetik yang kualitasnya meragukan.

  • Air tidak bersih, hal ini mengakibatkan tersumbatnya pori dan munculnya bakteri pada permukaan kulit.

  • Dehidrasi.

Makanan tertentu juga diduga menyebabkan jerawat. Tetapi, ada juga makanan yang bisa menjaga keindahan kulit sekaligus menaklukkan “si musuh” kulit ini.

Anggur

Mengandung banyak vitamin dan glukosa. Anggur mampu memicu aktivitas sel kulit dan bagus untuk peremajaan kulit serta detoksifikasi.

Semangka

Banyaknya kandungan air pada buah ini bagus untuk kulit yang kekurangan cairan karena suhu panas serta mengusir rasa penat berkat glukosa dan fruktosa yang dimilikinya.

Tomat

Mengandung banyak pektin, serat sayuran. Berfungsi melancarkan sirkulasi darah, bagus untuk tekstur kulit. Coba oleskan bubur tomat di wajah dan biarkan selama satu jam. Lalu, basuh dengan air hangat, ulangi tiap hari. Kulit jadi lebih halus dan ketat.

Mentimun

Memiliki tingkat keasaman yang sama dengan kulit. Mentimun membantu proses perbaikan lapisan pelindung kulit dan produksi asam alami. Parut kasar atau tumbuk halus mentimun. Pakai bubur mentimun ini pada wajah, mata, dan leher selama 15—20 menit. Jika teratur dipakai, bisa mencegah munculnya jerawat, komedo, keriput, dan rasa kering pada kulit.

Jagung

Efektif untuk mencegah kulit kering dan penuaan dini berkat lesitin dan vitamin E yang dikandungnya.

Sumber;kompasheatlh.com&femina.co.id