Buah dan Daun Sirsak Ternyata Kaya Akan Manfaat Kesehatan

DokterSehat.Com – Buah sirsak seringkali kita temui sebagai salah satu buah yang kerap dijus karena memang memiliki rasa yang enak. Tak disangka, buah yang memiliki nama latin Annona muricata ini ternyata kaya akan berbagai nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Tak hanya buah, daun dari sirsak sendiri juga ternyata bisa bermanfaat. Apa sajakah manfaat kesehatan dari daun dan buah sirsak ini?



Sebuah penelitian yang dilakukan oleh pakar kesehatan dari Purdue University di Amerika Serikat menyebutkan bahwa daun sirsak ternyata memiliki berbagai kandungan alami yang bisa mengatasi berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, khususnya kanker payudara, kanker usus besar, kanker prostat, kanker paru-paru, hingga kanker pankreas. Ekstrak daun ini pun sudah banyak digunakan sebagai obat yang bisa mengatasi sakit pinggang, wasir, bisul, rematik, demam, masalah rambut rontok, atau bahkan penyakit hati. Daun sirsak juga diyakini mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Selain daun sirsak, buah sirsak sendiri dikenal mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan layaknya asam urat, masalah tekanan darah tinggi, osteoporosis, serta bisa menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Ada baiknya kita rutin mengkonsumsi buah ini jika ingin mencegah atau membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan tersebut. Jika kita sedang jatuh sakit, pakar kesehatan juga sangat menyarankan kita untuk mengkonsumsi buah ini karena akan membuat sistem kekebalan tubuh menguat sehingga kita pun akan lebih cepat sembuh.

Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk rutin mengkonsumsi buah sirsak baik itu dengan cara memakannya secara langsung atau membuatnya menjadi jus. Hanya saja, pastikan bahwa jus ini tidak ditambahi bahan lainnya layaknya gula yang tentu kurang baik bagi kesehatan tubuh kita.