Buah-Buahan Ini Sebaiknya Dimakan Dengan Kulit

DokterSehat.Com – Terdapat sebuah kelakar di dunia internet dimana dalam dunia ini terdapat dua jenis orang; mereka yang suka mengkonsumsi buah langsung dengan kulitnya dan mereka yang harus mengupas kulitnya terlebih dahulu. Sebenarnya, kita tidak bisa mendebatkan hal ini lebih jauh karena memang ada buah-buahan yang sebaiknya dikupas terlebih dahulu kulitnya karena rasa atau bentuk kulitnya sama sekali tidak direkomendasikan untuk dimakan. Namun, ada pula beberapa jenis buah-buahan atau sayuran yang memang sebaiknya dikonsumsi sekaligus dengan kulitnya karena memiliki banyak kandungan yang sehat bagi tubuh.

doktersehat-apel-pisang

Apel adalah buah yang paling mudah disebutkan jika kita membahas buah yang bisa dimakan bersamaan dengan kulitnya. Tahukah anda, dalam kulit apel ternyata bisa ditemukan kandungan pektin yang berupa serat larut yang bisa membuat kadar kolesterol jahat dan gula darah berlebihan menurun. Pektin ini juga bisa menjadi pedoman bagi mereka yang ingin melakukan diet mengingat konsumsi apel dengan kulitnya langsung akan membuat perut menjadi kenyang lebih lama.

Mentimun dan terong juga bisa dikonsumsi dengan cara kulitnya dikupas terlebih dahulu maupun langsung dimakan begitu saja. Tahukah anda, dalam kulit terong, kita akan menemukan zat antioksidan nasunin yang akan sangat baik bagi kesehatan jaringan otak. Sementara itu, dalam kulit mentimun ternyata kita bisa mendapatkan kandungan vitamin A, vitamin K, fosfor, potasium, kalsium hingga magnesium. Kulit serat mentimun juga kaya akan serat dan air yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Buah anggur juga ternyata sebaiknya dikonsumsi langsung dengan kulitnya mengingat kulit anggur, khususnya angur merah akan kayad dengan zat resvetarol yang bisa membuat kesehatan jantung dan otak tetap terjaga. Bahkan, beberapa pakar kesehatan meyakini zat ini bisa mencegah kanker.

Baca Juga:  Apa Rahasia Panjang Umur Dari Pria Tertua di Dunia Ini?

Sayuran wortel dan kentang ternyata juga tidak perlu dikupas kulitnya untuk dikonsumsi. Kulit wortel ternyata kaya akan kandungan polycatylenes yang bisa berfungsi sebagai zat anti peradangan, zaat anti bakteri, atau bahkan zat anti jamur. Sementara itu, kulit kentang ternyata kaya akan serat, zat besi, hingga asam folat dan antioksidan yang tentu akan sangat baik bagi kesehatan tubuh.