Buah-Buahan Ini Mengatasi Masalah Dehidrasi

DokterSehat.Com – Salah satu masalah yang cukup diperhatikan saat menghadapi bulan puasa adalah kekhawatirkan tubuh akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Ketakutan akan dehidrasi ini sendiri sangat mudah dipahami mengingat dalam seharian penuh kita tidak akan mengkonsumsi minuman apapun demi menjalankan ibadah puasa. Untuk mengatasinya, kita tentu harus pandai-pandai mengatur konsumsi air di malam hari. Tak hanya air, kita juga bisa mengatasi masalah dehidrasi saat berbuka puasa atau saat santap sahur dengan mengkonsumsi buah-buahan berikut yang memang sangat baik mengatasi dehidrasi.

doktersehat-semangka

Buah pertama yang dikenal luas mampu mengatasi masalah dehidrasi adalah semangka, tahukah anda 92 persen kandungan semangka ternyata adalah air dan menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Aberdeen Medical School, Skotlandia, pada tahun 2009, konsumsi semangka justru dua kali lebih efektif mengatasi dehidrasi setelah olahraga jika dibandingkan dengan konsumsi segelas air.

Buah melon ternyata juga memiliki kandungan air yang sangat banyak, yakni 90 persen air. Selain itu, kandungan potasium dan elektrolit yang biasanya akan ikut hilang saat kita mengalami dehidrasi. Konsumsi buah melon akan sangat baik untuk mengatasi masalah kekurangan cairan tubuh ini.

Buah jeruk ternyata juga termasuk dalam buah yang sangat baik mengatasi masalah dehidrasi. Buah yang dikenal luas kaya akan kandungan vitamin C ini ternyata memiliki kandungan air 91 persen. Selain itu, berbagai kandungan elektrolit juga dimiliki buah jeruk sehingga bisa mengatasi masalah dehidrasi dengan cepat dan efektif.

Buah terakhir yang akan sangat baik untuk dikonsumsi saat mengalami dehidrasi adalah nanas. Kandungan air dalam buah nanas ternyata juga cukup tinggi, yakni sekitar 87 persen. Selain bisa mengatasi dehidrasi, nanas juga dikenal luas sebagai buah yang kaya akan nutrisi layaknya vitamin A, vitamin C, vitamin K, asam folat, serat, kalsium, dan juga zat besi yang akan sangat baik bagi tubuh.