Buah-Buahan Ini Bisa Mengatasi Masalah Tekanan Darah Tinggi

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang banyak menyerang masyarakat tanah air adalah tekanan darah tinggi. Gaya hidup masyarakat yang buruk, khususnya dalam hal pola makan, pola tidur, dan juga pengendalian stress diyakini menjadi penyebab dari tingginya kasus hipertensi ini. Padahal, masalah tekanan darah tinggi bisa berimbas pada masalah kesehatan yang lebih serius layaknya serangan jantung, gangguan ginjal, stroke, dan lain sebagainya.

doktersehat-pisang-kiwi-blueberry

Masalah tekanan darah tinggi ini seringkali tidak disadari oleh pengidapnya mengingat penyakit ini memang tidak begitu banyak menimbulkan gejala hingga akhirnya menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Demi menghindari dampak kesehatan yang serius, ada baiknya memang kita mulai menata pola makan yang lebih sehat, khususnya dalam menurunkan asupan garam, rutin berolahraga, tidur dengan cukup, dan tidak mengkonsumsi alkohol. Tak hanya itu, konsumsi pula beberapa jenis buah-buahan berikut ini yang bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

Semangka
Di dalam buah semangka terdapat nutrisi penting layaknya vitamin A, vitamin C, kalium, magnesium, dan lain sebagainya. Dengan mengkonsumsi buah atau ekstrak buah ini secara rutin, maka kita pun bisa mengendalikan tekanan darah dengan jauh lebih baik.

Stroberi dan blueberry
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika kita mengkonsumsi 100 gram blueberry atau stroberi setiap minggunya, maka resiko terkena masalah tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung, bisa menurun dengan signifikan. Kandungan antioksidan bernama antosianin yang tinggi pada kedua buah ini ternyata bisa membantu kita mengatasi tekanan darah tinggi dengan efektif.

Anggur
Anggur kaya akan kandungan polifenol, sejenis antioksidan yang mampu melawan berbagai radikal bebas dengan baik. Tak hanya itu, anggur juga kaya akan serat dan rendah kalori yang bisa mengatasi masalah tekanan darah tinggi.

Baca Juga:  Benarkah Timun Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi?

Pisang
Tingginya kadar kalium dalam pisang ternyata bisa membuat kadar natrium atau garam di dalam tubuh menjadi lebih seimbang dan hal ini ternyata bisa berimbas positif pada tekanan darah pada tubuh.

Kiwi
Kiwi ternyata kaya akan serat, vitamin C, vitamin E, asam folat, dan kalium yang bisa membantu mengendalikan tekanan darah. Sebuah penelitian kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi 3 buah kiwi jika ingin menurunkan tekanan darah, memperkuat sistem imun tubuh, mengatasi asma, hingga menyehatkan saluran pencernaan.