Buah Apa Saja yang Baik Untuk Menu MPASI 6 Bulan?

DokterSehat.Com– Memasuki usia 6 bulan, kebutuhan nutrisi buah hati Anda akan semakin banyak. Memberikan ASI saja tidak cukup bagi kebutuhan tumbuh kembangnya. Pada usia ini balita mulai bisa dikenalkan dengan makanan padat yang bergizi, salah satunya adalah buah-buahan.

doktersehat-pisang-buah

Pada tahap awal MPASI, anak sebaiknya dikenalkan dengan MPASI yang bertekstur cair. Hal ini untuk memudahkan sistem pencernaan bayi beradaptasi dengan makanan baru selain ASI. Untuk memberikan buah-buahan pada menu MPASI, sebaiknya sajikan dalam tekstur cair atau lembut. Buah-buahan berikut bisa jadi pilihan Anda untuk memulai MPASI:

Pisang
Pisang banyak dipilih sebagai buah pertama untuk MPASI. Selain mudah didapat dengan harga terjangkau, pisang juga cukup mudah disajikan. Ambil satu buah pisang, kerok tipis permukaannya dengan sendok, lalu berikan pada bayi Anda. Pisang kaya akan serat dan potasium yang baik untuk pencernaan bayi. Namun hindari memberikannya terlalu banyak untuk menghindari konstipasi.

Jeruk
Untuk menyajikan jeruk sebagai MPASI, pilihlah jeruk peras dengan rasa yang manis. Pada hari pertama, porsi MPASI tidak perlu terlalu banyak, cukup beberapa sendok makan saja lalu tingkatkan secara bertahap. Jeruk selain kaya akan votamin C juga memiliki banyak mineral yang membantu kolagen di otot, tulang serta jaringan tubuh lainnya.

Apel
Apel sebagai menu MPASI biasanya disajikan dalam bentuk puree. Potong kecil-kecil berukuran dadu lalu kukus hingga lunak, lalu blender hingga benar-benar halus. Apel tidak hanya lezat namun juga sehat. Apel banyak mengandung vitamin A, vitamin C, kalsium dan magnesium.

Mangga
Mangga juga merupakan buah yang sering dipilih untuk MPASI tahap awal. Untuk menyajikannya, olah mangga menjadi bubur buah yang lembut. Caranya, kupas mangga yang sudah matang, potong dadu, kemudian blender. Anda bisa menambahkan ASI untuk mengencerkan bubur jika diperlukan.

Baca Juga:  Bayi Menolak MPASI, Apa yang Harus Dilakukan?

Alpukat
Tekstur alpukat yang lembut membuatnya cocok sebagai MPASI pertama. Alpukat juga mengandung asam folat dan lemak yang baik bagi perkembangan otak anak Anda. Cukup lembutkan alpukat dengan garpu atau sendok, tambahkan ASI untuk mengencerkan, lalu sajikan.

Perlu diingat bahwa tujuan MPASI dalam usia 6 bulan adalah untuk mengenalkan tekstur dan rasa makanan pada anak. Tidak perlu khawatir jika anak enggan menghabiskan makanannya, hal ini wajar sebagai perkenalan. Sebaliknya, jika anak tampak suka dengan makanan barunya maka tak perlu memberinya makan dalan porsi terlalu banyak.