Bronkitis – Ulasan Singkat

Bronkitis adalah infeksi umum yang menyebabkan peradangan dan iritasi pada saluran udara utama paru-paru. Bronkhus adalah saluran napas setelah bagian tenggorokan lalu bercabang menjadi bronkhus, sebelum menuju ke paru-paru. Jika bronkhus terinfeksi, itulah yang disebut dengan bronkhitis. Gejala bronkitis meliputi batuk lendir berwarna kuning keabu-abuan, sakit tenggorokan, nafas berbunyi mengi dan hidung tersumbat.

bronkitis doktersehat

Bronkitis akut dapat memiliki gejala batuk dan produksi dahak yang kadang menyertai infeksi saluran pernapasan atas. Dalam kebanyakan kasus, bronkitis akut biasanya diakibatkan infeksi viru, tapi kadang-kadang juga disebabkan oleh bakteri. Jika kondisi pertahanan tubuh pasien baik, selaput lendir kembali normal setelah sembuh dari infeksi paru-paru awal, yang biasanya berlangsung selama beberapa hari.

Bronkitis kronis adalah gangguan serius jangka panjang yang sering memerlukan perawatan medis yang teratur.

Jika pasien seorang perokok dan jatuh ke dalam kondisi bronkitis akut, maka akan jauh lebih sulit bagi pasien untuk pulih. Setiap kerusakan saluran napas karena rokok akan menghancurkan struktur kecil di paru-paru, yang disebut silia (seperti rambut-rambut di mukosa), yang bertanggung jawab untuk menyikat keluar puing-puing zat, iritasi, dan kelebihan lendir.

Jika seseorang terus merokok, kerusakan silia ini mengakibatkan silia tidak berfungsi dengan baik, sehingga meningkatkan peluang untuk menjadi bronkitis kronis. Pada beberapa perokok berat, selaput lendir yang melapisi saluran udara meradang dan silia akhirnya berhenti berfungsi sama sekali. Paru-paru kemudian rentan terhadap infeksi virus dan bakteri, dari waktu ke waktu infeksi akan mengikis dan merusak secara permanen saluran udara paru-paru. Kondisi permanen ini disebut PPOK (penyakit paru obstruktif kronik). Dokter juga dapat melakukan tes pernapasan, yang disebut spirometri, untuk melihat seorang anak yang jauh setelah PPOK.

Baca Juga:  Yoga dan Meditasi Ternyata Bisa Membantu Mengatasi Penyakit Bronkitis

Bronkitis akut sangat sering terjadi. Gangguan yang sering ini dapat diobati secara efektif tanpa bantuan medis profesional. Namun, jika Anda memiliki gejala yang parah atau persisten (menetap), adanya demam tinggi, atau jika Anda batuk darah, Anda harus mengunjungi dokter. Jika ada kesulitan bernapas atau nyeri dada, segera bawa ke Instalasi Gawat Darurat. Jika seseorang menderita bronkitis kronis, maka ia berada pada risiko masalah jantung serta penyakit paru-paru yang lebih serius serta infeksi lainnya, sehingga harus dipantau oleh dokter.

Bronkitis – Halaman Selanjutnya: 1 2 3