Brokoli, Sayuran Sehat yang Melancarkan Menstruasi

DokterSehat.Com – Saat masih dalam usia subur, normalnya kaum hawa tentu akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Sayangnya, bagi sebagian wanita, menstruasi bisa datang dengan lebih cepat atau bahkan datang dengan terlambat. Yang menjadi masalah adalah, terlambatnya fase menstruasi ini bisa menandakan adanya masalah kesehatan, apalagi jika keterlambatan ini tidak hanya satu atau dua hari saja, namun hingga beberapa minggu atau bahkan beberapa bulan. Lantas, apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk memastikan menstruasi datang di waktu yang tepat?

doktersehat-brokoli-sehat-sayur-nutrisi-vitamin

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa penyebab dari terlambatnya datang bulan ini. Sebagai contoh, saat wanita sedang stress, mengalami emosi yang tidak stabil, dan berbagai gangguan psikologis lainnya, maka mereka akan cenderung mudah mengalami terlambat datang bulan. Selain itu, dalam beberapa kasus, terlambatnya fase menstruasi ini bisa jadi disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu.

Untuk membuat fase menstruasi tetap lancar, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi makanan yang sehat layaknya sayuran dan buah-buahan. Salah satu dari makanan sehat yang diyakini mampu memperlancar menstruasi adalah brokoli. Salah satu makanan super ini ternyata kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh layaknya vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin K, zat besi, serat, dan antioksidan. Kandungan vitamin B dan folat di dalam brokoli diyakini sangat baik dalam mencegah depresi, salah satu penyebab ketidakteraturan fase menstruasi. Hal ini berarti, tak hanya sehat, wanita yang mengkonsumsi brokoli juga bisa memperlancar siklus haidnya.

Selain mengkonsumsi brokoli, pakar kesehatan juga menyarankan wanita untuk banyak minum air putih dan mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam. Kelelahan dan kurang istirahat ternyata juga bisa menyebabkan fase menstruasi datang dengan tidak teratur.