Brokoli, Sayuran Sehat Untuk Melawan Diabetes

DokterSehat.Com – Bagi mereka yang menderita penderita diabetes, mau tidak mau mereka harus mengatur pola makannya menjadi lebih sehat. Jika mereka tetap mengkonsumsi makanan dengan sembarangan tanpa memperhatikan nilai gizinya, dikhawatirkan mereka akan mengalami masalah pada kadar gula dalam darah yang pada akhirnya bisa memicu komplikasi. Tak tanggung-tanggung, komplikasi ini bisa memicu infeksi yang berujung pada amputasi atau bahkan kematian. Beruntung, menurut pakar kesehatan, terdapat sebuah sayuran yang bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes untuk melawan penyakit ini, sayuran tersebut adalah brokoli.

doktersehat-brokoli-sehat-sayur-nutrisi-vitamin

Centers for Disease Control and Prevention atau Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat menyebutkan bahwa senyawa di dalam brokoli yang disebut sebagai sulforaphane sangatlah efektif dalam melawan penyakit diabetes. Jika seorang penderita diabetes mengkonsumsi sulforaphane yang sudah dijadikan ekstrak brokoli, maka tubuh mereka pun akan lebih baik dalam mengendalikan kadar glukosa sekaligus menurunkan produksinya. Sebagai informasi, kelebihan glukosa atau kadar gula dalam darah inilah yang memicu berbagai komplikasi dan masalah kesehatan yang serius layaknya kerusakan pada saraf atau bahkan kebutaan.

Pakar kesehatan Anders Rosengren yang berasal dari University of Gothenburg yang ada di Swedia menyebutkan bahwa hasil penemuan yang mengungkapkan manfaat dari diabetes ini sangat menarik dan bisa jadi menjadi tonggak baru untuk mengobati diabetes tipe 2 yang selama ini dikenal luas sulit untuk diobati dan memakan banyak korban. Sebagai informasi, selama ini pengobatan bagi penyakit ini biasanya hanya menggunakan obat metformin yang bisa memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh, yakni penurunan kinerja ginjal, peningkatan produksi asam laktat yang buruk bagi kesehatan, menyebabkan nyeri otot, rasa lelah, sekaligus nafas yang lebih pendek.