Brokoli Mampu Obati Infeksi Lambung

DokterSehat.com – Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 80 sampai 90 persen penduduk di negara-negara berkembang bisa dipastikan terinfeksi bakteri H. Pylori, yakni bakteri penyebab borok lambung yang bisa berkembang menjadi kanker lambung yang cukup mematikan. Bakteri ini umumnya terdapat pada seseorang yang mengalami iritasi atau borok di lambung.



Biasanya infeksi bisa dengan mudah diatasi dengan mengkombinasi berbagai jenis antibiotik, tapi dari beberapa kasus seperti ini sekitar 15 sampai 20 persen sulit diatasi dengan pemberian antibiotik.

Sebagaiman yang dilansir dalam Proceedings of the National Academy of Sciences, Jed Fahey dan rekan-rekannya menemukan bahwa sulforaphane yang merupakan salah satu komponen dari brokoli ternyata terbukti ampuh membunuh bakteri-bakteri resisten tersebut.

Jed menyatakan bahwa selama ini sulforaphane diketahui hanya memiliki aktivitas antibakteri yang sederhana. Meski demikian, nyatanya potensi yang dimiliki terhadap H. Pylori walaupun strain-nya telah resisten dengan antibiotik-antibiotik konvensional lainnya, namun reaksi kandungan brokoli ini sangat mengejutkan dan sangat menggembirakan.

Penelitian lebih lanjut masih diperlukan guna mengetahui bahwa mengonsumsi sumber dari sulforaphane seperti brokoli mampu membunuh bakteri-bakteri tersebut. Bila temuan ini bisa diperkuat dengan penelitian-penelitian berikutnya maka bisa jadi sayur-sayuran juga bermanfat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh H. Pylori.

Para peneliti menyatakan bahwa sampai saat ini belum bisa mengatahui pasti bagaimana sulforaphane bekerja sebagai anti infeksi. Meski demikian, uji coba yang dilakukan pada hewan telah berhasil mengungkapkan bahwa kemampuannya dalam mencegah pertumbuhan kanker adalah melalui peningkatan produksi protein-protein tertentu yang ternyata memiliki kemampuan untuk mendetoxifikasi penyebab-penyebab dari kanker tersebut.