Bra Yang Tepat Seperti Apakah?

DokterSehat.Com – Selama hidupnya, wanita mengalami perubahan bentuk payudara berkali-kali. Dari remaja tumbuh dewasa, berat badan meningkat, kehamilan, serta melahirkan. Ukuran bra yang tidak tepat membuat Anda tidak nyaman bahkan menyebabkan tubuh tidak proposional.

7

Untuk itu berikut tip penggunaan bra yang tepat :

  • Salah menggunakan bra dapat menyebabkan kerusakan permanen pada payudara. Bila terlalu ketat, payudara akan tertekan sehingga menghalangi sirkulasi darah dan menyebabkan iritasi. Bila bra terlalu longgar, payudara akan menggantung karena kurang ditopang. Dokter Chiropratic (spesialis tulang belakang dan saraf) dr. Magieline Rosalina, menjelaskan payudara yang tidak ditopang dengan baik akan menambah beban kerja tulang belakang, dalam jangka panjang bisa menyebabkan tubuh membungkuk dan tidak proporsional.
  • Karena pemakaian dan pencucian setiap hari, rata-rata bra memiliki umur antara 6 bulan-1 tahun. Gantilah bra Anda secara berkala agar dapat menopang payudara Anda secara optimal.
  • Sebaiknya, mengganti bra setiap kali seusai mandi, atau ketika bra terasa lembab. Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan dari keringat yang menempel pada bra.
  • Tidak disarankan untuk menggunakan bra saat tidur. Biarkan jaringan lemak dan kelenjar dalam payudara berelaksasi ketika tidur. Melepaskan bra membuat tubuh istirahat total.
  • Untuk payudara kecil, menggunakan bra dengan busa akan membuat penampilan Anda maksimal. Anda pun akan lebih percaya diri.
  • Bra berkawat cocok digunakan untuk bentuk payudara yang besar. Tujuannya untuk menopang payudara dan membentuknya agar lebih kencang.
  • Sesuaikan penggunaan bra dengan kegiatan Anda. Untuk kegiatan olahraga, gunakan sport bra yang dapat menyerap keringat, untuk sehari-hari pilih daily bra yang nyaman.