Bra Ternyata Memiliki Masa Kadaluwarsa

DokterSehat.Com – Sebagaimana pakaian yang biasa kita kenakan, kita akan cenderung menggunakan pakaian dalam kita dalam waktu yang cukup lama. Beberapa orang bahkan mengaku bisa menggunakan pakaian dalam hingga bertahun-tahun lamanya dan baru mulai menggantinya jika pakaian dalam sudah terlihat rusak atau tidak lagi nyaman dipakai. Bagi pakar kesehatan, kebiasaan ini ternyata kurang baik bagi kesehatan. Sebagai contoh, bra yang dipakai oleh kaum wanita ternyata sebaiknya hanya dipakai hingga usia satu tahun saja dan jika sudah melebihi usia ini, bra pun akan kurang baik untuk kesehatan tubuh.

doktersehat-wanita-bra-bh-seksi

Memang, bra yang sudah berusia satu tahun akan memiliki bentuk yang masih baik sehingga akan cukup nyaman untuk dipakai. Sayangnya, setelah digunakan selama setahun, tali bra akan cenderung lebih kendur dan kawat penyangga bra pun tidak lagi cukup baik dalam menopang payudara. JIka wanita menggunakan bra yang sudah tidak lagi mampu menopang payudaranya dengan sempurna, maka ditakutkan payudaranya pun akan lebih cepat mengendur dan kurang sehat. Pakar kesehatan pun menyarankan wanita untuk segera mengganti bra jika sudah dipakai setidaknya selama satu tahun.

Bra yang sudah mengendur dan tidak sempurna menopang payudara biasanya disebabkan oleh cara perawatan yang kurang benar. Sebagai contoh, banyak wanita yang ikut mencampur bra dalam tumpukan cucian yang dimasukkan pada mesin cuci. Padahal, putaran mesin cuci yang sangat kuat bisa menarik bra dan pada akhirnya menyebabkan bra mudah longgar dan rusak. Andaipun anda mencucinya dengan tangan, ada baiknya bra tidak dicuci dengan sabun cuci yang keras karena bahan material bra yang lembut dan halus sebaiknya dicuci dengan kandungan sabun yang lembut layaknya sabun mandi.

Baca Juga:  Dari Mana Kita Bisa Mendapatkan Asupan Vitamin C Untuk Seharian Penuh?

Selain bra biasa, pakar kesehatan juga menyebutkan jika sports bra yang banyak dipakai wanita untuk berolahraga juga memiliki masa kadaluwarsa yang bahkan lebih singkat. Setidaknya, bra yang mampumenahan goncangan selama aktifitas fisik ini akan mulai mengendur setelah dipakai selama enam bulan sehingga penggantiannya pun harus lebih cepat dilakukan.