BPOM: Permen Jari Ternyata Sama Sekali Tidak Mengandung Narkoba

DokterSehat.Com – Setelah sempat membuat heboh masyarakat Jakarta, Tangerang, dan sekitarnya, kasus permen jari yang dianggap memiliki kandungan narkoba langsung menarik perhatian BPOM. BPOM pun segera mengutus perwakilan untuk menyelidiki kasus ini secara mendalam. Setelah beberapa hari, BPOM menemukan fakta dimana permen jari ternyata sama sekali tidak mengandung narkoba seperti yang selama ini diperbincangkan.

doktersehat-permen-jari

Meskipun BPOM sudah secara resmi mengumumkan bahwa permen jari aman untuk dikonsumsi, dalam realitanya, pemberitaan selama ini yang sudah terlanjur menyebar luas di masyarakat telah merugikan distributor permen ini. Pengacara dari pihak distributor, Hotman paris, menyebutkan jika kasus isu permen jari yang diimpor dari Tiongkok mengandung narkoba muncul dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab dan ingin mendapatkan keuntungan dari pemberitaan ini. Menurut pengacara tenar ini, pihak distributor sudah melakukan pengujian mutu melalui tim dari Fakultaas Farmasi Universitas Indonesia pada tanggal 11 Oktober 2016 dan diketahui bahwa hasilnya memang permen jari negatif narkoba dan layak untuk dikonsumsi. Selain itu, permen jari juga sudah melakukan uji laboratorium kesehatan daerah DKI Jakarta dan juga dari BPOM.

Yang lebih mengenaskan, isu bahwa permen jari yang menyebabkan seorang anak pusing-pusing dan tertidur hingga berjam-jam lamanya setelah dikonsumsi sehingga ditengarai memiliki kandungan narkoba ternyata isu yang fiktif dan tidak pernah terjadi sebelumnya. Puskesmas dan Dinas Kesehatan setempat yang dimintai keterangan akan kebenaran kejadian ini mengaku tidak pernah mendapatkan laporan sama sekali akan hal ini. Pihak Puskesmas bahkan menyebutkan jika mereka justru menjadi korban yang ikut terseret dalam kasus ini.

Badan Narkotika Nasional sendiri belum melaporkan adanya korban atau kasus dari konsumsi permen jari selama ini sehingga bisa dipastikan bahwa permen jari tidak mengandung narkoba sebagaimana yang diisukan sebelumnya.

Baca Juga:  Sehatkah Diet Dengan Minum Air Saja?

Photo Source: Radar Pekalongan