Bolehkan Minum Susu Setelah Minum Obat?

DokterSehat.Com– Saat jatuh sakit, kita seringkali diminta untuk minum susu agar segera cepat sembuh. Namun, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah sebenarnya tidak apa-apa jika kita minum susu berdekatan dengan waktu minum obat? Berikut adalah jawaban dari pertanaan tersebut.

doktersehat-vitamin-nutrisi-komponen-organik-obat-ibu-hamil-kehamilan

Pakar kesehatan dr. Marudut, MPS yang berasal dari Pusat Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) menyebutkan bahwa minum susu dengan waktu yang berdekatan dengan minum obat ternyata tidak baik bagi kesehatan. Andaipun kita ingin mengkonsumsi keduanya, dr. Marudut menyarankan kita untuk memberikan jarak setidaknya 2 jam diantara minum susu dan minum obat. Dengan memberikan jeda waktu ini, lambung diberi waktu untuk mencerna salah satunya terlebih dahulu sehingga kita tidak akan mendapatkan efek samping gara-gara interaksi dari obat dan susu.

Memang, hingga saat ini, belum ada penelitian yang menunjukkan seperti apa reaksi obat andai terkena susu di saluran pencernaan. Bisa jadi reaksinya juga akan bermacam-macam mengingat setiap obat tentu terbuat dari bahan kimia yang berbeda-beda. Yang dikhawatirkan adalah, reaksi ini bisa berupa menurunnya kemampuan obat dalam mengatasi penyakit atau bahkan menyebabkan masalah kesehatan lain bagi tubuh kita.

Pemerintah sendiri sudah melarang konsumsi susu andai kita baru saja minum obat penambah darah. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar zat besi pada obat penambah darah. Padahal, di dalam susu terdapat kalsium dengan kadar yang sangat tinggi. Jika kedua zat ini bertemu, kalsium tentu akan mengalahkan zat besi sehingga obat ini tidak lagi berguna.

Dr. Marudut sendiri menyarankan kita untuk meminum obat dengan air, tidak dengan air jenis lainnya karena air putih memiliki sifat yang netral dan tidak akan mempengaruhi kinerja obat. Dengan obat yang bekerja dengan baik, kita pun akan lebih cepat mendapatkan kesembuhan.