Bolehkan Bayi yang Sudah Berusia 6 Bulan Minum Jus Buah?

DokterSehat.Com– Setelah usia bayi genap enam bulan, maka bayi pun diperbolehkan untuk mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Biasanya, orang tua akan memberikan makanan yang lembut atau memperkenalkan makanan yang sehat layaknya sayuran hingga buah-buahan yang diblender atau dijus. Sayangnya, ada sebagian orang yang menganggap bahwa bayi yang baru berusia enam bulan sebaiknya tidak diberi jus buah karena bisa menyebabkan kegemukan. Apakah anggapan ini benar adanya?

bayi_makan_doktersehat

American Academy of Pediatrics baru-baru ini mengungkapkan hasil penelitian yang membantah anggapan tersebut. Menurut penelitian ini, jus buah ternyata tidak akan memicu kegemukan pada anak asalkan dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Jika bayi mengkonsumsi jus yang dibuat 100 persen dari buah alami, tanpa adanya tambahan susu atau bahkan gula, maka berbagai nutrisi baik dari buah akan mereka dapatkan dan hal ini tidak akan memberikan kerugian apapun bagi kesehatan tubuhnya.

Laman kesehatan Mayo Clinic sendiri menyarankan orang tua untuk memberikan jus buah pada anak dengan usia setelah enam bulan sebanyak enam sampai delapan ons setiap harinya. Pastikan bahwa jus buah ini dibuat sendiri dan bukan dibeli di tempat-tempat penjualan jus yang seringkali memberikan bahan tambahan layaknya gula dengan porsi yang besar. Sebagaimana kita ketahui, konsumsi gula yang berlebihan jelas tidak sehat bagi kesehatan tubuh, termasuk tubuh anak.

Seiring dengan perkembangan usia anak, kita juga bisa menambahkan asupan jus buah ini secara bertahap. Laman kesehatan Mayo Clinic sendiri merekomendasikan anak dengan usia enam hingga 12 bulan untuk mengkonsumsi satu cangkir ukuran kecil jus buah demi mencegah kerusakan gigi pada anak. Setelah mengkonsumsi jus ini, ada baiknya anak juga langsung meminum air putih demi mencegah kerusakan pada gigi. Saat anak berusia satu hingga enam tahun, maka anak susah bisa mengkonsumsi jus buah sebanyak 177 mililiter setiap harinya. Saat anak sudah mencapai tujuh tahun, maka mereka sudah bisa mengkonsumsi 355 mililiter jus buah setiap harinya.