Bolehkah Susu Dicampur Dengan Teh Atau Kopi?

DokterSehat.Com– Meskipun dikenal sebagai minuman yang memiliki rasa yang nikmat, dalam realitanya kita juga sering mencampurkan susu dengan bahan minuman lainnya layaknya teh atau kopi demi meningkatkan cita rasanya. Sebagai contoh, kita tentu kerap memesan teh susu atau kopi susu di kedai-kedai minuman yang memang memiliki rasa yang enak. Sebuah pertanyaan pun muncul, apakah adanya campuran bahan lainnya layaknya teh dan kopi ini bisa membuat kebaikan susu berkurang?

doktersehat-susu-cokelat-setelah-gym-fitnes-otot

Pakar kesehatan dan gizi dr. Marudut menyebutkan bahwa jika kita menambahkan bahan lainnya pada susu, hal ini ternyata memang bisa menurunkan nilai gizi dari susu tersebut, bahkan meskipun kita mencampurkannya dengan minuman lain yang juga dikenal sehat layaknya teh ataupun kopi. Menurut beliau, kandungan di dalam teh dan kopi bernama tanin ternyata mampu mengikat zat besi yang ada dalam susu. Alhasil, kita pun tidak akan mendapatkan nutrisi zat besi dari minuman tersebut.

Namun, mengingat kandungan paling penting di dalam susu adalah kalsium, kita sebenarnya tidak perlu mengkhawatirkan hilangnya kadar zat besi dari susu saat mencampurkannya dengan teh dan kopi. Dr. Marudut justru menekankan hilangnya kadar kalsium hampir 10 persen jika kita mencampurkan susu dengan teh atau kopi. Bagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan atau bagi orang dewasa yang ingin menjaga kesehatan dan kekuatan tulangnya, berkurangnya kadar kalsium yang mereka konsumsi tentu bisa berpengaruh besar bagi kesehatannya.

Jika kita memang ingin minum susu dengan tujuan mendapatkan nutrisinya, maka ada baiknya kita tidak mencampurkannya dengan bahan-bahan lainnya layaknya teh dan kopi. Namun, jika kita hanya ingin mengkonsumsinya sebagai minuman yang enak dan menyegarkan saja, maka tidak masalah jika kita meminum teh susu atau kopi susu.