Bolehkah Sarapan Telur Setiap Hari?

DokterSehat.Com – Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling disukai oleh banyak orang. Telur mudah untuk diolah, berharga murah, memiliki rasa yang enak, dan kaya akan protein. Hanya saja, cukup banyak orang yang menyarankan kita untuk tidak terlalu sering mengkonsumsi telur karena dikhawatirkan kurang baik bagi kesehatan. Apakah hal ini berarti kita sebaiknya tidak mengkonsumsi telur saat sarapan setiap hari?

doktersehat-telur-pisang-kuning

Laman kesehatan boldsky menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak khawatir untuk mengkonsumsi telur, termasuk sebagai menu sarapan setiap hari. Menurut pakar kesehatan, telur memiliki kandungan 70 kalori dan kaya akan protein sehingga jika mengkonsumsinya secara rutin, kita justru akan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Tak hanya itu, mengkonsumsinya sebagai menu sarapan akan membuat kita mendapatkan manfaat seperti sebagai berikut.

Membuat kita kenyang lebih lama
Dengan mengkonsumsi telur saat sarapan, bukannya sereal atau roti panggang, maka kita akan mendapatkan asupan protein dan lemak yang akan menyediakan kita energi untuk melakukan berbagai aktifitas. Tak hanya itu, hal ini juga akan membuat kita kenyang dalam waktu yang lebih lama. Mengkonsumsi telur juga akan membuat kita tidak tertarik untuk ngemil yang tidak sehat sebelum jam makan siang serta menghindari konsumsi makan siang yang berlebihan. Hal ini tentu membuat berat badan tetap terjaga dengan baik.

Mengendalikan kadar kolesterol
Salah satu alasan mengapa orang takut mengkonsumsi telur adalah karena berpikir jika telur mampu meningkatkan kolesterol pada tubuh. Padahal, sebutir telur sebenarnya memiliki 200 miligram kolesterol baik yang sangat baik bagi tubuh sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa menyebabkan penyakit.

Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Kandungan selenium di dalam telur bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sekaligus membantu hormon tiroid bekerja dengan lebih baik. Hal ini berimbas pada kemampuan tubuh melawan sumber penyakit dengan lebih efektif. Tak hanya itu, kandungan kolin dan makronutrien pada telur akan menjaga fungsi hati sehingga menurunkan resiko terkena kanker payudara pada wanita.

Baca Juga:  Mengapa Kita Sebaiknya Memakan Alpukat dan Telur Sebelum Berolahraga?

Sebagai informasi, kandungan kolin terdapat pada kuning telur sehingga kita pun tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya. Hanya saja, pakar kesehatan meminta kita membatasi konsumsi telur hanya sebutir dalam sehari saja demi menjaga kesehatan tubuh.